CORE VALUE BERAKHLAK APARATUR SIPIL NEGARA SEBAGAI NILAI-NILAI BUDAYA KERJA DALAM PELAYANAN PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.53800/kvht8708Keywords:
aparatur sipil negara, nila budaya kerja, core value BerAKHLAKAbstract
Abstract
BerAKHLAK is an acronym for Service-Oriented, Accountable, Competent, Harmonious, Loyal, Adaptive, and Collaborative. These core values are the standards that the State Civil Apparatus (ASN) must uphold in implementing government policies and programs. As the spearhead of public services, ASN plays a key role in various sectors, including education and health services, particularly at the village and sub-district levels. For government programs to run effectively, a work culture that aligns with the vision and mission must be implemented. BerAKHLAK is not just a slogan but a principle that must be realized in every aspect of ASN work. This study aims to examine how to implement the core value of BerAKHLAK as a work culture in dealing with the community. Using qualitative methods, this study draws on literature reviews from various scientific sources, including books, journals, and official government documents, as comparative materials. Theoretically, this study aims to enhance ASN Human Resources (HR) capabilities to perform their duties more professionally. The study’s results show that the strategy for implementing ASN Core Values is based on surveys as an evaluation tool, which can be conducted digitally in this era.
Additionally, technical training to support soft skills is a practical strategy that cannot be overlooked. Supervision and evaluation, as well as collaboration with relevant agencies, are essential. At least through these steps, it becomes a practical offer to implement the Core Value of Morality for ASN—an offer of ASN employer branding discourse to foster a spirit of service and professionalism.
Abstrak
BerAKHLAK adalah akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Nilai inti ini menjadi standar yang harus dipegang teguh oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan kebijakan serta program pemerintah. Sebagai ujung tombak pelayanan publik, ASN berperan dalam berbagai sektor, mulai dari pendidikan hingga layanan kesehatan, terutama di tingkat desa dan kelurahan. Agar program pemerintah berjalan efektif, budaya kerja yang selaras dengan visi dan misi harus diterapkan. BerAKHLAK bukan sekadar slogan, melainkan prinsip yang harus diwujudkan dalam setiap aspek kerja ASN. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan core value BerAKHLAK sebagai budaya kerja dalam menghadapi masyarakat. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengandalkan studi literatur dari berbagai sumber ilmiah, termasuk buku, jurnal, serta dokumen resmi pemerintah sebagai bahan perbandingan. Secara teoritis, kajian ini berfokus pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan untuk menerapkan Core Value ASN didasarkan pada survei sebagai alat evaluasi yang untuk era ini dilakukan secara digital. Selain itu, pelatihan teknis untuk menunjang soft skill menjadi strategi praktis yang tidak dapat dikesampingkan. Pengawasan dan evaluasi serta kolaborasi dengan instansi terkait menjadi sebuah keharusan. Setidaknya melalui beberapa langkah ini, menjadi satu tawaran praktis untuk mengimplementasikan Core Value BerAKHLAK bagi ASN. Sebuah tawaran diskursus employer branding ASN untuk menumbuhkan semangat melayani dan profesionalisme.
Downloads
References
Aprillia Andini Theresia, K. (2015). Pembangunan Berbasis Masyarakat Acuan Bagi Praktisi, Akademisi dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat. ALPABETA.
BKN. (2022). Buku Saku Panduan Perilaku Core Values Badan Kepegawaian Negara. BKN.
Elza Oktariani, Fauziah Afriyani, E. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mandiangin Batubara. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 10(10), 203.
Faradilla Aslia A. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Amanah Finance. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 67.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.
Keban, Y. T. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori, dan Isu. Gava Media.
Keith Davis, J. W. N. (2002). Perilaku Organisasi. Cetakan Ketujuh. Erlangga.
Lyta Lestary, H. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(2), 94.
Mangkunegara, A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosda Karya.
Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik: Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. Indrapahasta.
Mishbah, M. (2023). Model Inovasi Pelayanan Publik Bidang Digitalisasi Administrasi Pemerintahan. Pacu Replikasi Inovasi, Kementerian PANRB Susun Referensi Pembelajaran. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/pacu-replikasi-inovasi-kementerian-panrb-susun-referensi-pembelajaran
Muhammad Aji Ibrahim, Muhammad Jamal, B. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat di Kecamatan Bontang Barat Kota Bontang ,. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 7(2), 705.
Muzayanah. (2020). Pemahaman Terhadap Tanggungjawab, Hak dan Kewajiban Pegawai Terhadap U.U. No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Jurnal Komunikasi Hukum (Jkh) Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 228.
Pemblokiran Data Kepegawaian dan/ atau Layanan Kepegawaian pada Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara, 1 (2023).
Ratna Masela, L. H. (2022). Analisis Lingkungan Kerja dan Tata Ruang dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Meubel Permata Wood Desa Kates Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis Islam, 2(1), 30.
Regurius Roberto Loi, G. B. (2021). “Peranan Aparatur Sipil Negara dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Camat Teluk dalam Kabupaten Nias Selatan). Governance Opinion, 6(2), 176.
S, N. N. (2022). Budaya Kerja Kementerian ESDM, Siap BerAKHLAK, Wujudkan Budaya Kerja. Biro Organisasi dan Tata Laksana (Sektretariat Jenderal Kementerian ESDM).
Sugiono. (2016). Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Parsada.

Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.