EVALUASI DIKLAT CALON KEPALA MADRASAH

Authors

  • Kun Mawardi Rahayu Universitas Al-Azhar, Indonesia
  • Abdul Kadir Ahmad BRIN

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.226

Keywords:

evaluasi, diklat, kepala madrasah, PMA No 24 Tahun 2018

Abstract

Abstract

The training and education of future madrasah heads are one of the government's efforts to improve the quality of madrasah education. However, during the implementation of this training, there has been no documentation of the number of training alumni who have been appointed as madrasa heads, as mandated by Minister of Religious Affairs Regulation No. 24 of 2018. Yet, the implementation of this training requires considerable resources in terms of both time and finances. This evaluation study aims to qualitatively assess the outcomes of the training and the effectiveness of the alumni in their roles as madrasa heads. Conceptually, the survey measured two main parameters: (1) Evaluation of the training program for prospective madrasa principals, and (2) Performance of madrasa heads. The survey respondents consisted of alumni of the training program from 2018 to 2021 and madrasah educators, with limited characteristics and numbers. The research findings indicate that the alumni who have been appointed as madrasa principals have performed exceptionally well, as they have demonstrated relevance and effectiveness in addressing the challenges faced in the field. According to the alumni and madrasah educators, the performance of madrasa heads is rated as very good. The qualitative research findings also suggest that the process of appointing madrasa heads has followed the procedures established by Minister of Religious Affairs Regulation No. 24 of 2018, although there are some challenges that have hindered the appointment of several alumni as madrasa heads.

Abstrak

Diklat calon kepala madrasah merupakan salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu madrasah. Namun selama pelaksanaan diklat tersebut, belum ada pendataan jumlah alumni diklat yang sudah terangkat sebagai kepala madrasah sebagai implementasi Peraturan Menteri Agama No 24 Tahun 2018. Padahal pelaksanaan diklat ini membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Penelitian evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan memperdalam hasil dari diklat yang telah dilakukan dan apakah kinerja dari para alumni diklat efektif. Secara konseptual, parameter yang diukur dalam survei ini terdiri dari 2 parameter besar, yaitu (1) Evaluasi Diklat calon kepala madrasah, dan (2) Kinerja Kepala Madrasah. Responden survei ini adalah alumni diklat calon kepala madrasah 2018-2021 dan tenaga pendidik madrasah, dengan karakteristik dan jumlah yang terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alumni diklat yang telah diangkat menjadi kepala madrasah berada pada kategori Sangat Baik, karena telah relevan dan sesuai tantangan yang hadapi di lapangan. Menurut para alumni diklat dan tenaga pendidik kinerja kepala madrasah Sangat Baik. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa proses pengangkatan kepala madrasah sudah mengikuti prosedur yang telah di tetapkan oleh PMA Nomor 24 Tahun 2018, meskipun ada beberapa kendala yang membuat beberapa alumni Diklat masih belum di angkat menjadi kepala madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, H. G., Negeri, I., Gunung, S., & Bandung, D. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu ‎Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/ISEMA.V6I1.11037

Ahmad, A. K. (2020). Integrasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Al Azhar Asy Syarif Di MTsN Al Azhar Asy Syarif Indonesia. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(3). https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3286

Ahmad, A. K., & Ma’rifataini, L. (2021). Evaluasi Implementasi Kebijakan Guru Pendidikan Agama (GPA) Pada Sekolah Umum di Provinsi Bali. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.810

Ali Ahmad Rapi Tanjung, Candra Wijaya, Achyar Zein. (2020). Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Di MTs Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 4(1). https://doi.org/10.47006/er.v4i1.8111

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812.

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 64–69.

Fitriani, A. (2021). Evaluasi Pelatihan Kepemimpinan Calon Kepala Sekolah di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–166.

Hadi, M., Djailani, A. R., & Ibrahim, S. (2014). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Min Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kab Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(2).

Kepala, K., Dalam, M., Lembaga, M., & Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 53–64. https://doi.org/10.31538/NDH.V2I2.22

Lestari, D. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Diklat Calon Kepala Sekolah. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 1–10.

Nurjanah, A. (2019). Evaluasi Diklat Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB). Edukasi, 17(3), 294420.

Padilah, I. P., & Suryana, Y. (2016). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru di Balai Diklat Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 1(1). https://doi.org/10.15575/ISEMA.V1I1.4985

Rohani, S. (2017). Pengelolaan Sekolah Islam Berbasis Mutu. Cet. I: Tangerang: Cinta Buku Media.

Rosyid, A. M. (2022). View of Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi Jurnal Diklat Teknis.

Ruhiyat, M. Y. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Supervisi Pengawas Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Sanusi, H. P. (2020). Madrasah Quality Improvement Evaluation Strategic Management Based. International Journal of Nusantara Islam, 8(2), 137–145. https://doi.org/10.15575/IJNI.V8I2.10510

Situmorang, N. N. (2019). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Dasar Di Kabupaten Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 151–162. https://doi.org/10.29313/ETHOS.V7I1.4358

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penenelitian pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116.

EVALUASI DIKLAT CALON KEPALA MADRASAH

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rahayu, K. M., & Ahmad, A. K. (2023). EVALUASI DIKLAT CALON KEPALA MADRASAH. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(1), 67 - 83. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.226