EVALUASI PELATIHAN TEKNIS PELAYANAN PUBLIK BALAI DIKLAT KEAGAMAAN JAKARTA DENGAN MODEL CIPP

Authors

  • Rahmat Aulia Balai Diklat Keagamaan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.119

Keywords:

public service training, learning evaluation, CIPP

Abstract

Abstract

This study aims to evaluate learning programs in public service training in work area at BDK Jakarta using the CIPP model of evaluation. Researcher's focus is 1) context evaluation: program suitability with learning needs and objectives, 2) input evaluation: learning citizens, tutors, funding, facilities and infrastructure, 3) process evaluation: learning activities, tutor activities, methods, learning materials and learning citizen participation, 4) product evaluation: achievement of goals and evaluation process. This research is an evaluative descriptive study with a qualitative approach. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The validity of the data uses triangulation techniques. The results showed that overall, the public service training at BDK Jakarta was good and in accordance with the stated objectives. Otherwise, researcher found that product evaluation was only done at the end of the course.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pembelajaran pada pelatihan teknis pelayanan publik di BDK Jakarta dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Fokus peneliti adalah: 1) evaluasi konteks: kesesuaian program dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, 2) evaluasi masukan: warga belajar, tutor, pendanaan, sarana dan prasarana, 3) evaluasi proses: aktifitas warga belajar, aktifitas tutor, metode, materi pembelajaran dan partisipasi warga belajar, 4) evaluasi produk: ketercapaian tujuan dan proses evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pembelajaran pada pelatihan teknis pelayanan publik di wilayah kerja BDK Jakarta sudah bagus dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Ditemukan kekurangan pada pelatihan ini hanya pada evaluasi produk, yang evaluasinya hanya dilakukan pada akhir pembelajaran saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

PMA Nomor 19, Pub. L. No. 19 Tahun 2020 (2020).

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Bumi Aksara.

Asra, & Sumiati. (2011). Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima.

Keputusan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nomor 14 Tahun 2021 tentang Kurikulum Pelatihan Tenaga Administrasi Pada Kementerian Agama, Pub. L. No. 14, 102 (2020).

CSGAR, T. P. U.-. (2019). IPM Tentang Profesionalitas dan Rebranding ASN Tahun 2019.

Darodjat, D., & M, W. (2015). Model Evaluasi Program. Islamadina, Volume XIV(1), 1–28.

Fitzpatrick, J. L., & Sanders, J. R. (2013). تقويم البرنامج : طرق بديلة و إرشادات عملية = Program evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines. In رسالة التربية و علم النفس (3rd ed., Issue 42). Pearson Education Inc. https://doi.org/10.12816/0002619

Hermawan, A. (2015). Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjar Baru. REFORMASI, 5.

Hurmaini, M. (2015). Evaluation and Social Internship Program of IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Students: Using Context, Input, Process and Product Model (CIPP Model). Al-Ta Lim Journal, 22(1), 23–32. https://doi.org/10.15548/jt.v22i1.114

Ikka Kartika, A. F. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Alfabeta.

Mahmudi, I. (2011). CIPP. Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”. At, 6(1), 23.

Martinis, Y. (2005). Strategi pembelajaran Berbasis Kompetensi (54th ed.). Gaung Persada Press.

Muhaimin, M. (2015). Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Kompas, 2.

Kurikulum Pelatihan Tenaga Administrasi Pada Kementerian Agama, Pub. L. No. 14, 70 (2020).

Stufflebeam, D.L., Shinfield, A. . (1985). Systematic Evaluation A Self-Instructional Guide to Theory and Practice (1st ed.). KluwerNijhof Publishing.

Sudjana, D. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. PT. Remaja Rosda Karya.

Widoyoko, E. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Wirawan. (2011). Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Rajawali Pers.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Aulia, R. (2021). EVALUASI PELATIHAN TEKNIS PELAYANAN PUBLIK BALAI DIKLAT KEAGAMAAN JAKARTA DENGAN MODEL CIPP. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 158-173. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.119