MAKNA LABEL HALAL INDONESIA DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Authors

  • Faisal Muzzammil STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.219

Keywords:

analisis semiotika, Roland Barthes, logo Halal, Kementerian Agama

Abstract

The Ministry of Religion of the Republic of Indonesia, through its official website and Instagram account in March 2022, established and released the "Indonesian Halal Label" logo. The release of the Indonesian Halal Label logo by the Ministry of Religion received various responses and views and even sparked disagreements and cross-opinions from various groups. Against the background of various polemics and controversies about the new design of the Indonesian Halal Label logo, this research will reveal the meaning of the Indonesian Halal Label from a semiotic perspective. This research was conducted to reveal and explain more deeply: (1) The Denotation Meaning of the Indonesian Halal Label; (2) The Connotation Meaning of the Indonesian Halal Label. This research uses a semiotic analysis method. The semiotic concepts and theories used in this research are based on Roland Barthes' semiotics about the meaning of a sign. Based on the results of the analysis and discussion, there are two main findings in this study, namely: (1) Semiotically, the Indonesian Halal Label has a denotative meaning which means information and written description of the word "Halal" in Arabic, which is presented through pictures resembling mountains, as well as the words "Indonesian Halal" which are explicitly and presented in Indonesian language writing with using bold and capita fonts; (2) Semiotics, the Indonesian Hala Label has a connotative meaning which means the closeness between a Muslim and Allah, faith, simplicity, wisdom, balance, unity, serenity and the distinction between good (haq) and wrong (bathil).

 

Abstrak

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui website dan akun instagram resminya pada Maret 2022 menetapkan dan merilis logo “Label Halal Indonesia”. Perilisan logo Label Halal Indonesia oleh Kementerian Agama tersebut mendapatkan berbagai respon dan pandangan bahkan memicu perdebatan dan silang pendapat dari berbagai kalangan. Berlatar belakang dari berbagai polemik dan kontroversi desain baru logo Label Halal Indonesia tersebut, maka penelitian ini akan mencoba untuk mengungkap makna Label Halal Indonesia dari perspektif semiotika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengungkap dan memaparkan lebih dalam tentang: (1) Makna Denotasi Label Halal Indonesia; (2) Makna Konotasi Label Halal Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika. Konsep dan teori semiotika yang digunakan dalam penelitian berlandaskan pada semiotika Roland Barthes tentang makna pada sebuah tanda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka ada dua temuan utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) Secara semiotik Label Halal Indonesia tersebut memiliki makna denotasi yang berarti suatu informasi dan keterangan tulisan kata “Halal” dalam bahasa Arab yang disajikan melalui gambar menyerupai gunungan, serta tulisan “Halal Indonesia” yang secara eksplisit dan jelas disajikan dalam tulisan berbahasa Indonesia dengan menggunakan jenis huruf tebal (bold) dan kapita; (2) Secara semiotika Label Hala Indonesia tersebut memiliki makna konotasi yang berarti kedekatan antara seorang muslim dengan Allah swt, keimanan, kesederhanaan, kebijaksanaan, keseimbangan, kesatuan, ketenangan dan pembeda antara yang baik (haq) dan yang buruk (bathil).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, N. R. (2022, March 13). Anwar Abbas Kritik Logo Halal Baru: Tak Ada Lambang MUI dan Kedepankan Seni. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/13/20533341/anwar-abbas-kritik-logo-halal-baru-tak-ada-lambang-mui-dan-kedepankan-seni

Agus. (2016, June 12). Surjan Terdiri Beragam Motif, Berikut Maknanya. Kedaulatan Rakyat Jogja. https://www.krjogja.com/berita-lokal/read/429141/surjan-terdiri-beragam-motif-berikut-maknanya

Barthes, R. (1977). Elements of semiology. Farrar, Straus and Giroux.

Barthes, R. (2007). Petualangan Semiologi. In W. Udasmoro (Ed.), Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Barthes, R. (2012). Elemen-Elemen Semiologi (A. Hartono, Ed.). Jalasutra.

Berger, A. A. (2015). Pengantar Semiotika: Tanda-Tanda dalam Kebudayaan Kontemporer (M. Yahya, Ed.). Tiara Wacana.

Budiman, K. (2011a). Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Jalasutra.

Budiman, K. (2011b). Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Jalasutra.

Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. In A. Adlin (Ed.), Yogyakarta: Jalasutra. Jalasutra.

Djawad, A. A. (2016). Pesan, Tanda, dan Makna dalam Studi Komunikasi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 95–101. https://doi.org/10.33654/STI.V1I1.344

Fanani, F. (2013). Semiotika Strukturalisme Saussure. Jurnal The Messenger: Cultural Studies, IMC and Media, 5(1), 10–15. https://doi.org/10.26623/THEMESSENGER.V5I1.149

Fitriani, L. (2011). Seni Kaligrafi: Peran Dan Kontribusinya terhadap Peradaban Islam. El Harakah: Jurnal Budaya Islam, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.18860/EL.V0I0.2014

Haryadi, T. (2016). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. JADECS: Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17977/UM037V1I12016P

Hendro, E. P. (2020). Simbol: Arti, Fungsi, dan Implikasi Metodologisnya. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 3(2), 158–165. https://doi.org/10.14710/ENDOGAMI.3.2.158-165

Hoed, B. H. (2011). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. In Jakarta: Komunitas Bambu. Komunitas Bambu.

Huda, M. D. M. (2022). Analisa Sentimen terhadap Logo Halal Baru pada Twitter dengan Menggunakan National Research Council Canada Lexicon dan Naive Bayes. https://etheses.uinsgd.ac.id/60259/

Huppatz, D. J. (2015). Roland Barthes, Mythologies. Design and Culture: The Journal of The Design Studies Forum, 3(1), 85–100. https://doi.org/10.2752/175470810X12863771378833

Khoeron, M. (2022, March 12). Ditetapkan, Label Halal Indonesia Berlaku Nasional. Kementerian Agama RI. https://www.kemenag.go.id/read/ditetapkan-label-halal-indonesia-berlaku-nasional-8nja7

Kurnia, A. (2018, June 6). Filosofi, Sejarah, Mitos, Budaya, Jenis dan Makna Surjan Jogja. Kaskus. https://www.kaskus.co.id/thread/5b17d61de052277c778b4568/filosofi-sejarah-mitos-budaya-jenis-dan-makna-surjan-jogja/

Mujahidin, M. F. (2016). Pemikiran Kaligrafi Arab di Indonesia. Center of Middle Eastern Studies (CMES): Jurnal Studi Timur Tengah, 9(2), 179–188. https://doi.org/10.20961/CMES.9.2.15160

Mukhtar, U., & Fakhruddin, M. (2022, March 13). Mengapa Logo Halal Baru Berwarna Ungu? Ini Penjelasan BPJPH. Republika. https://www.republika.co.id/berita/r8oy72327/mengapa-logo-halal-baru-berwarna-ungu-ini-penjelasan-bpjph

Muzzammil, F. (2021). Moderasi Dakwah di Era Disrupsi: Studi tentang Dakwah Moderat di Youtube. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 109–129. https://doi.org/10.38075/TP.V15I2.175

Nasirin, C., & Pithaloka, D. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Konsep Kekerasan Dalam Film The Raid 2 Berandal. JDMR: Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 28–43. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/view/14

Nurfitri, R. (2021). Analisis Tanda dan Makna pada Desain Logo Sanggar Tari Puspitasari. Citradirga: Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Intermedia, 3(01), 48–57. http://jurnal.machung.ac.id/index.php/citradirga/article/view/424

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202. https://doi.org/10.21512/HUMANIORA.V4I1.3429

Patriani, S. R. (2017). Pengaruh Sosiokultural Budaya Islam terhadap Seni Lukis Kaligrafi di Indonesia. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 13(23), 76–88. https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no23.a453

Piliang, Y. A. (2004). Semiotika Teks: Sebuah Pendekatan Analisis Teks. Mediator: Jurnal Komunikasi, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.29313/MEDIATOR.V5I2.1156

Piliang, Y. A., & Audifax. (2018a). Kecerdasan Semiotika: Melampaui Dialektika dan Fenomena. Cantrik Pustaka.

Piliang, Y. A., & Audifax. (2018b). Kecerdasan Semiotika: Melampaui Dialektika dan Fenomena. Cantrik Pustaka.

Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., & Sugandi, M. S. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea. EProceedings of Management, 2(3), 4327–4336. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2456

Rachman, A., Maemunah, & Ulpah, M. (2022). Desain Baru Logo Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal; Antara Urgensi, Seni, dan Esensi. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 4(2), 245–262. https://doi.org/10.21093/EL-BUHUTH.V0I0.4700

Rahmawati, I. (2017). Semiotik Teks Roland Barthes dalam Kehidupan Kontemporer Umat Beragama Mmengenai Fenomena Padu Padan Kebaya. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 17(2), 29–43. https://doi.org/10.19109/TAMADDUN.V17I2.2532

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film 3 Dara. Deiksis, 10(03), 212–223. https://doi.org/10.30998/DEIKSIS.V10I03.2809

Rusmana, D. (2006a). Tokoh dan Pemikiran Semiotik Kontemporer: Dari Semiotik Struktural Hingga Dekonstruksi. In Bandung: Tazkiya Mandiri Utama. Tazkiya Mandiri Utama.

Rusmana, D. (2006b). Tokoh dan Pemikiran Semiotik Kontemporer: Dari Semiotik Struktural Hingga Dekonstruksi. In Bandung: Tazkiya Mandiri Utama. Tazkiya Mandiri Utama.

Rusmana, D. (2014a). Filsafat Semiotika: Paradigma, Teori dan Metode Interpretasi Tanda dari Semiotika Struktural hingga Dekonstruksi Praktis. In Bandung: CV. Pustaka Setia. CV Pustaka Setia.

Rusmana, D. (2014b). Filsafat Semiotika: Paradigma, Teori dan Metode Interpretasi Tanda dari Semiotika Strutural hingga Dekonstruksi Praktis. In Bandung: CV. Pustaka Setia. CV Pustaka Setia.

Rustan, S. (2013). Mendesain LOGO. Gramedia Pustaka Utama.

Saifuddin, Lutfi, M., Rofani, F., Abidin, S., Fauzan, Moh., & Muzadi, H. (2022). PKM Pemahaman dan Pengenalan Label Halal dan Logo Baru pada Santri di Pondok Pesantren Lubbul Labib Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 22–35. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/546

Setyaningrum, P. (2022, February 2). Sejarah dan Filosofi Gunungan Wayang Kulit, Digunakan dalam Uang Logam sampai Simbol G20. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2022/02/02/180653778/sejarah-dan-filosofi-gunungan-wayang-kulit-digunakan-dalam-uang-logam?page=all

Setyoko, A., & Yudianto, R. H. (2022). Karya Seni Poster Shepard Fairey dalam Kajian Semiotika Van Zoest: Analisis Sintaksis, Simantik dan Pragmatik. Jurnal Sasak: Desain Visual Dan Komunikasi, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.30812/SASAK.V4I1.1778

Sobur, A. (2020a). Semiotika Komunikasi. In Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakayara.

Sobur, A. (2020b). Semiotika Komunikasi. In Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.

Suherdiana, D. (2008). Konsep Dasar Semiotika dalam Komunikasi Massa menurut Charles Sanders Pierce. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(12), 371–407. https://doi.org/10.15575/IDAJHS.V4I12.399

Vera, N. (2014a). Semiotika dalam Riset Komunikasi. In Bogor: Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.

Vera, N. (2014b). Semiotika dalam Riset Komunikasi. In Bogor: Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.

Wulansari, R., Setiana, R. A., & Aziza, S. H. (2020). Pemikiran Tokoh Semiotika Modern. Textura: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Ilmu-Ilmu Linguistika, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 48–62. https://www.journal.piksi.ac.id/index.php/TEXTURA/article/view/273

Yatmo, D. A. (2022, March 14). Ternyata Ini Nama Font Logo Halal Terbaru 2022 yang Viral dan Trending di Indonesia. Media Pemalang. https://pemalang.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-2403975661/ternyata-ini-nama-font-logo-halal-terbaru-2022-yang-viral-dan-trending-di-indonesia?page=2

Yudithadewi, D., & Parikesit, B. S. (2021). Menelusuri Semiotika Budaya Mazhab Tartu-Moscow-Semiotic School. Semiotika: Jurnal Komunikasi, 15(2), 112–118. https://doi.org/10.30813/S:JK.V15I2.2794

Yuwono, E. C. (2005). Pengaruh Gaya Kaligrafi dalam Desain Logotype. Nirmana: Journal of Visual Design Communication, 7(1), 67–84. http://203.189.120.189/ejournal/index.php/dkv/article/view/16443

Zoest, A. Van. (1992). Serba-Serbi Semiotika. Gramedia.

MAKNA LABEL HALAL INDONESIA DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Muzzammil, F. (2023). MAKNA LABEL HALAL INDONESIA DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(1), 120 -152. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.219