IMPLEMENTASI P5P2RA TEMA SUARA DEMOKRASI SEBAGAI UPAYA MENGUATKAN KONSEP DEMOKRASI DAN KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v5i1.291Keywords:
karakter, Madrasah, P5P2RA, suara demokrasiAbstract
Abstract
There are many conflicts due to differences in religion, race, and ethnicity. Thus, these are indicators of the lack of understanding of the value of democracy in society. Meaningful learning experiences are needed to strengthen the concept of democracy and student character through P5P2RA. This research aims to analyze the implementation of the Project for Strengthening the Pancasila Student Profile and Rahmatan Lil'Alamin Student Profile (P5P2RA) with the theme Voice of Democracy in strengthening the concept of democracy and character of MAN 15 Jakarta students. The research uses a qualitative approach with descriptive analysis methods. Data was collected using a purposive sampling technique on 198 classes. The research instruments used were a performance assessment rubric and a product assessment rubric. The research results show that implementing P5P2RA at MAN 15 Jakarta has strengthened the concept of democracy and student character. This is demonstrated by the assessment results, showing that the average score for products made by students per the Suara Democracy theme is 84, the creativity score for Suara Democracy products is 85, and team collaboration is 82. Product differentiation is also in research papers, podcasts, dramas, posters, infographics, poetry musicals, public service announcements and dances. The implementation of P5P2RA can also strengthen the character of the Pancasila Student Profile in students, especially the concept of democracy, where students state that learning in this profile project equips them as good citizens with the character of cooperation and creativity.
Abstrak
Banyaknya konflik karena perbedaan agama, ras, suku dan sebagainya merupakan indikator belum dipahaminya nilai demokrasi di masyarakat. Diperlukan pengalaman belajar yang bermakna untuk menguatkan konsep demokrasi dan karakter siswa di madrasah melalui P5P2RA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (P5P2RA) tema Suara demokrasi dalam menguatkan konsep demokrasi dan karakter siswa MAN 15 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik purposive sampling pada 198 siswa kelas XI sebagai partisipan dan dua partisipan dari fasilitator P5P2RA.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi saat pelaksanaan P5P2RA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik penilaian kinerja dan rubrik penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5P2RA di MAN 15 Jakarta telah menguatkan konsep demokrasi dan karakter siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil asesmen yang menunjukkan rerata skor produk yang dibuat siswa sesuai dengan tema Suara Demokrasi sebesar 84, nilai kreativitas produk Suara Demokrasi 85, dan kolaborasi tim 82. Selain itu juga terdapat diferensiasi produk berupa makalah penelitian, podcast, drama, poster, infografis, musikalisasi puisi, iklan layanan masyarakat dan tarian. Pelaksanaan P5P2RA ini juga dapat menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa terutama pada konsep demokrasi di mana siswa menyatakan bahwa pembelajaran dalam proyek profil ini membekali diri mereka sebagai warga yang baik serta karakter gotong royong dan kreatif.
Downloads
References
Dahuri, D. (2024, January 17). Pakar Pendidikan : Literasi Berperan Penting Wujudkan Indonesia Emas 2045. Https://Mediaindonesia.Com/Humaniora/644867/Pakar-Pendidikan-Literasi-Berperan-Pentingwujudkan-Indonesia-Emas-2045.
Direktorat KKSK Madrasah Dirjen Pendis, J. K. RI. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.
Haq, R. R., Ali, N., Bashith, A., Arifah, F. Z., Amalia, I. D., & Yaqin, N. (2023). Manajemen Pembelajaran dalam Pengembangan Proyek Penguatan Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin (P5RA) di MAN 1 Nganjuk. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6739–6743. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2815
Idayanti, S. (2023). ANALISIS KESESUAIAN P5P2RA DENGAN PRINSIP PELAKSANAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(1), 48–66. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.228
Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420
MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA. (2015, October 15). Ketua MK: Indonesia adalah Negara Demokrasi Berketuhanan. Https://Www.Mkri.Id/Index.Php?Page=web.Berita&id=12277.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, Moh. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098
Maulani Aries Negeri, A. S. (2022). PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).
Nurjanah, K., Saadah, H., Id, K. A., & Id, H. A. (2022). Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4 Semarang (Vol. 4). Seminar Nasional Sultan Agung. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/download/27274/7744
PAYANTI, I. D. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA MADRASAH ALIYAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 9 JAKARTA). UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Rosmawati. (2011). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (PSIKOLOGI PERKEMBANGAN REMAJA). UR Press.
Saparahayuningsih, S. (2010). KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar PENINGKATAN KECERDASAN DAN KREATIVITAS SISWA (Improving Students’ Intelligence and Creativity). KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), 1–6.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (19th ed.). Alfabeta.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan , 51(2), 76–87. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.