PERAN PELATIHAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PERSEPSI PESERTA PELATIHAN TENTANG PANDANGAN, SIKAP, PRAKTIK MODERASI BERAGAMA

Authors

  • Dermawati Dermawati Balai Diklat Keagamaan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/zhs2nf10

Keywords:

pandangan, sikap, praktik beragama, pelatihan penggerak, moderasi beragama

Abstract

Abstract

This research aims to see the role of religious moderation training on participants' perceptions in the form of views, attitudes, and religious practices regarding the concept of religious moderation, national insight, religious insight, and implementation of religious moderation after attending training to strengthen religious moderation in East Jakarta. This research method combines data collection techniques using qualitative and quantitative data from pre-test and post-test results. The test instrument consists of questions with open answers and a Likert scale. The two data sets were compared and analyzed descriptively and using a t-test. The results of this research show that the introduction to the concept of religious moderation after training in the form of an understanding of religious moderation, indicators of religious moderation, and the values of religious moderation are broadly not fully understood. For the concept of insight, which includes Pancasila, the training participants stated that it was final, but there were differences of opinion between political movements that were considered to be able to change the basis of the country while regarding the concept of religious insight and the implementation of religious moderation before and after the training the results were almost the same on average. This research concludes that the role of religious moderation training is insignificant in participants' perceptions of the views, attitudes, and practices of religious moderation and the need to increase participants' understanding of the concept of religious moderation.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan melihat peran pelatihan moderasi beragama terhadap persepsi peserta berupa pandangan, sikap, praktik beragama tentang konsep moderasi beragama, wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan dan implementasi moderasi beragama setelah mengikuti pelatihan penggerak penguatan moderasi beragama Jakarta Timur. Metode penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed methods) dengan teknik pengumpulan data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang didapatkan dari hasil pre-test dan post-test . Instrumen tes terdiri dari pertanyaan dengan jawaban terbuka dan skala likert. Kedua data  dibandingkan serta dianalisis secara deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan pengenalan terhadap konsep moderasi beragama setelah pelatihan berupa pengertian moderasi beragama, indikator moderasi beragama, serta nilai-nilai moderasi beragama sebagian besar belum memahami secara utuh. Untuk konsep wawasan kebangsaan mencakup Pancasila, peserta pelatihan menyatakan sudah final tapi ada perbedaan pendapat antara gerakan politik yang dianggap dapat mengubah dasar negara, sedangkan tentang konsep wawasan keagamaan dan implementasi moderasi beragama sebelum dan sesudah pelatihan hasilnya rata-rata hampir sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran pelatihan moderasi beragama tidak signifikan terhadap persepsi peserta terhadap pandangan, sikap dan praktik moderasi beragama serta perlu peningkatan tentang pemahaman peserta terhadap konsep moderasi beragama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 2, 143-155.

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. Jurnal Pemikiran Islam, 143-155.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan Volume 13, Nomor 2, 45-55.

Aluf, W.A dkk. (2024). Evaluasi Pembelajaran Moderasi Beragama untuk Mengukur Penguatan Toleransi Siswa di MIN 2 Pamekasan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1623-1634.

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 12. No. 1, 1-15.

Aziz, A. (2023). Moderasi Beragama dalam Perspektif Al-Quran. (Sebuah Tafsir Kontekstual di Indonesia). Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu dan Pengembangan Budaya Al-Qur'an. Vol. 23 No. 02, 218-231.

Bahasa, B. P. (2022). Pendokumentasian Bahasa dalam Upaya Revitalisasi Bahasa Daerah yang Terancam Punah di Indonesia. Jakarta: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/817/.

BPS. (2015). Mengulik Data Suku di Indonesia. Jakarta: https://www.bps.go.id/id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.

Darimi, I. (2022). Implementasi Nilai Moderasi Beragama Pada Generasi Milenial . Teungku: Jurnal Guru Nahdlatul Ulama Vol 1 No. 1, 27-44.

Darmayanti, & Maudin. (2021). Pentingnya Pemahaman dan Implementasi Moderasi Beragama dalam Kehidupan Generasi Milenial . Syattar. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Hukum dan Pendidikan Volume 2 No.1, 40-51.

Faiqah, N., & Pransiska, T. (2018). Radikalisme Islam VS Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 17, No. 1, 33-60.

Fales, S., & Sitorus, I. R. (2022). Moderasi Beragama: Wacana dan Implementasi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Di Indonesia. Jurnal Manthiq: Vol VII Edisi II, 221-229.

Habibie, M. L. (2021). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama Vol. 01. no. 1, 121-150.

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 02 Juli-Desember, 110-123.

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

M. Anzaikhan; dkk. (2023). Moderasi Beragama Sebagai Pemersatu Bangsa serta Perannya dalam Perguruan Tinggi. Abrahamic Religions. Jurnal Studi Agama-Agama Vol. 3, No. 1 , 17-34.

Manap, A. (2022). Moderasi Beragama Keragaman Indonesia Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik . Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 229-242.

Santoso dkk. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia: Kajian Tentang Toleransi dan Pluralitas Di Indonesia. Jurnal Teologi Berita Hidup Vol 4, No 2, 324-338.

Shalahuddin, H., & dkk, &. (2023). Peta dan Problematika Konsep Moderasi Beragama di Indonesia. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9, No. 2, (June) 2023, 700-710.

Susanti. (2022). Moderasi Beragama dalam Masyarakat Multikultural. Tajdid Jurnal Pemikiran Keisalaman dan Kemanusiaan Volume 6, Nomor 2, 168-182.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam Vol 12 No. 1, 325-348.

Syaf, M. N. (2022). Moderasi Beragama dalam Islam. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam Vol.17, No.2, 1-14.

Zulham & dkk. (2023). Implementasi Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi di Desa Denai Sarang Burung Kabupaten Deli Serdang. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Volume 10, Nomor 1, 17-39.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

PERAN PELATIHAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PERSEPSI PESERTA PELATIHAN TENTANG PANDANGAN, SIKAP, PRAKTIK MODERASI BERAGAMA. (2024). Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 5(2), 188-206. https://doi.org/10.53800/zhs2nf10

Similar Articles

1-10 of 51

You may also start an advanced similarity search for this article.