POTRET TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DUSUN PANDA, DESA LEMBANG SANGGAU LEDO, BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.53800/070wcg56Keywords:
pembelajaran Al-Quran, TPQ, Dusun PandaAbstract
Abstract
Studies on Al-Qur'an Education (TPQ) in rural areas still need to be carried out, especially in areas that are quite far from the city center, including Panda Hamlet, Bengkayang District, West Kalimantan. This research is a field study which aims firstly to describe the demographic and religious characteristics of Panda hamlet, and secondly to describe the practice of Al-Quran learning at TPQ Darul Ilmi Panda Hamlet, Lembang Village, Sanggau Ledo Sub-district, Bengkayang District, West Kalimantan. Data was collected through observation, interviews and document review. The conclusion of this study is firstly, demographically, the population is diverse in terms of ethnicity and religion but lives in peace and harmony. All residents can carry out religious rituals and practices in peace. Secondly, Al-Quran learning at TPQ Darul Ilmi has been carried out well. Learning uses a combination of traditional and modern methods such as the sorogan method but has been combined with modern models such as the Iqro method. In addition, TPQ Darul Ilmi already has a clear curriculum and effective administration, for example the use of guidebooks which contain reading provisions and restrictions, class levels, attendance list and so on. This creation and innovation is quite appreciative.
Abstrak
Studi tentang Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ) di daerah pedesaan masih perlu dilakukan, terlebih lagi daerah-daerah yang cukup jauh dari pusat kota, termasuk di Dusun Panda, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Penelitian ini adalah sebuah studi lapangan (field research) yang bertujuan pertama untuk mendeskripsikan karakter demografis dan keagamaan Dusun Panda dan kedua untuk mendeskripsikan praktek Pembelajaran Al-Quran di TPQ Darul Ilmi Dusun Panda, Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kaji dokumen. Kesimpulan dari studi ini adalah pertama, secara demografis penduduk beragam dari segi suku dan agama namun hidup rukun dan harmonis. Semua penduduk dapat melaksanakan ritual dan praktek keagamaan dengan damai. Kedua, pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Darul Ilmi sudah terlaksanana dengan baik. Pembelajaran menggunakan gabungan metode tradisional dan modern seperti metode sorogan namun sudah dikombinasikan dengan model modern seperti metode Iqro. Selain itu, sudah memiliki kurikulum yang jelas dan administrasi yang efektif misalnya menggunakan buku panduan yang berisi ketentuan dan batasan-batasan bacaan, tingkatan kelas, absensi dan sebagainya, kreasi dan inovasi ini cukup apresiatif.
Downloads
References
Chaerul Anwar. (2017). Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Mimbar Kampus, 19(2), 149–166.
Desi Anggraini. (2022). Wawancara di Masjid Al-Falah, Dusun Panda Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo.
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Jun S. Wahyuni. (2022). Wawancara di Masjid Al-Falah, Dusun Panda Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo.
Kasta. (2022). Wawancara ketua RT dan tokoh Agama Dusun Panda di Masjid Al-Falah.
Kayyis Fithtri Ajhuri & Moch. Saichu. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. Qalamuna, 10(2), 175–195.
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Martinus. (2022). Wawancara (Di rumah Kepala Dusun) tentang Tradisi dan Kebiasaan Masyarakat di Dusun Panda, Sanggau Ledo.
Mauludia dan Saripaini. (2023). Strategi dan Metode Mengajar Guru Ngaji Kampung di Desa Rantau Panjang Kalimantan Barat. Jurnal Pendidilan, Kebudayaan Dan Keislaman, 2(3), 118–127.
Miles, H. & S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moch. Mu’izzuddin, dkk. (2019). Implementasi metode sorogan dan bandungan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning. Genealogi PAI, 6(1), 43–50.
Mujahid, I. (2021). Islamic orthodoxy-based character education: creating moderate Muslim in a modern pesantren in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 185–212. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.185-212
Nunung S. Ningsih. (2022). Wawancara di Masjid Al-Falah, Dusun Panda Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo.
Nuratika, & Eliyah. (2023). Upaya Guru Mengaji Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia 5-16 Tahun di Desa Jelutung Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. Jurnal Lunggi: Jurnal Literasi Unggulan Ilmiah, 1(2), 112–122.
Parwanto, W. (2024). Analisis Penerapan Dan Tantangan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Pedalaman. APIC, 7(1), 57–67.
Parwanto, W., & Busyra, S. (2023). Reading Tradition in Informative and Symbolic Theory : The Case of Robo-Robo Tradition in Nuguk Hamlet, Melawi District, West Kalimantan. Kawalu: Journal of Local Culture, 10(2), 29–50.
Parwanto, W., Sahri, S., Busyra, S., Riyani, R., & Nadhiya, S. (2022). Religious Harmonization on Ethno-Religious Communities of Muslim and Dayak Katab-Kebahan in Tebing Karangan Village, Melawi District, West Kalimantan. Harmoni, 21(2), 184–200. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i2.638
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Samsuddin, & Hendrayani, S. (2019). Dampak Pendidikan Terhadap Pola Pikir Pedagang. Journal Of Language Education and Development (JLed), 2(1), 232–241. https://doi.org/10.52060/jled.v2i1.201
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. PUSTAKABARUPRESS.
Susilawati, R. A. L., Arifin, Z., & Hadi, S. (2019). Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Industri Makanan Ringan Bongol. Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(4), 1–13. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jie/article/download/11378/9139/47579
Syamsul Hidayat. (2007). Distorsi Penafsiran Terhadap Al-Quran: Telaah atas Kebatilan Pendekatan Hermeneutika Terhadap Al-Quran. Profetika Jurnal Studi Islam, 9(2), 201.
Tim Desa. (2022). Profil Desa Lembang, Sanggau Ledo.
Yuliza, U., Lestari, S., Yapandi, Y., & Rianawati, R. (2021). Dampak Pendemi Covi-D 19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Kecamatan Sanggau Ledo. Arfannur, 2(2), 105–118. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i2.347
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.