LEMBAGA PESANTREN DI KALIMANTAN BARAT: STUDI ATAS PENDIRI, SEJARAH DAN KEGIATAN PENDIDIKAN DI PESANTREN AL-AZIZ, DESA PASAK, KUBU RAYA
DOI:
https://doi.org/10.53800/0g457x09Keywords:
Sejarah, Pendiri, Pesantren Al-Aziz, Desa Pasak, Kubu Raya, Kalimantan BaratAbstract
Abstract
Some researchers have researched Islamic boarding schools in West Kalimantan. However, their research tended to be descriptive-exploratory, and they did not attempt to read these themes from a social theory perspective. Therefore, this research will use social theory, namely Michel Foucault’s genealogical theory of knowledge and Peter L. Berger’s sociological theory of knowledge. This study aims to describe the founder, history, and educational activities of the Al-Aziz Islamic boarding school in Pasak village, Kubu Raya. The type of this study is field research, employing a descriptive and analytical method. The results of this article are as follows: first, the scientific genealogy of K.H. Marzuki was shaped by his family environment, his teachers, life experiences, and reading sources. Second, K.H. Marzuki’s work in Al-Aziz Islamic Boarding School is summarised in the sociology of knowledge theory, which includes three variables, namely 1) Externalisation, this phase is the process of outpouring the knowledge that K.H. Marzuki has obtained in social and educational realities, 2) Objectification, is the knowledge that he has poured out in social reality entering the stage of institutionalization and legitimacy, and 3) Internalisation, is the process of socialization, both primary socialization (in the family environment) and secondary (in the broader environment, including in social and educational realities and taking place continuously for a long time).
Abstrak
Beberapa peneliti telah melakukan riset atau kajian tentang pesantren di Kalimantan Barat. Namun penelitian yang mereka lakukan cenderung bersifat deskriptif-eksploratif, dan belum berusaha membaca tema-tema tersebut dengan perspektif teori sosial. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan menggunakan teori sosial, yaitu teori genealogi pengetahuan Michel Foulcault dan teori sosiologi pengetahuan Peter L. Berger. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan studi atas pendiri, sejarah dan kegiatan pendidikan di pesantren al-aziz, desa pasak, kubu raya Hasil dari artikel ini adalah: pertama, genealogi keilmuan K.H. Marzuki dibentuk mulai dari lingkungan keluarga, guru-gurunya, pengalaman hidupnya, hingga sumber-sumber bacaannya. Kedua, kiprah K.H. Marzuki dalam pesantren Al-Aziz terangkum dalam teori sosiologi pengetahuan, yangmencakup tiga variabel, yaitu 1) Eksternalisasi, fase ini adalah proses pencurahan keilmuan yang telah didapatkan oleh K.H. Marzuki dalam realitas sosial dan pendidikan, 2) Objektivikasi, adalah keilmuan yang telah beliau curahkan dalam realitas sosial memasuki tahap institusionalisasi dan legitimasi, dan 3) Internalisasi, adalah proses sosialisasi, baik sosialisasi primer (dalam lingkungan keluarga) maupun sekunder (dalam lingkungan yang lebih luas, termasuk dalam realitas sosial dan pendidikan serta berlangsung secara terus-menerus dalam waktu yang lama).
Downloads
References
Abdurrahman Wahid. (2001). Menggerakkan Tradisi: Esai-esai Pesantren. LKiS.
Adnani, L. S. (2021). Peran Kiai Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Alfurqon Mranggen Demak. UIN Walisongo Semarang, 3(2), 20–21.
Albi Anggianto dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak Press.
Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The social construction of reality: treatise in the sociology. 249.
Bibit Suprapto. (2009). Ensiklopedi Ulama Nusantara: Riwayat Hidup, Karya dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara. Gelegar Media Indonesia.
Falikul Isbah, M. (2020). Pesantren in the changing indonesian context: History and current developments. Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(1), 65–106. https://doi.org/10.21043/QIJIS.V8I1.5629
Geger Riyanto. (2009). Peter L. Berger : Perspektif Metateori Pemikiran. LP3ES.
Ilmi, S., & Ardiansyah, A. (2020). Peran Pesantren dalam Mencegah Gerakan Radikalisme di Kalimantan Barat. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 15(1), 67–85. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15i1.3378
Jaya, E., Utama, P., & Wibowo, B. (2021). PERAN PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUHSININ DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI KALIMANTAN BARAT SEJAK 1998 – 2019. Historica Disaktika, 1(1), 10–22.
Michel Foulcault. (1976). The Archaeology of Knowladge. Row Publisher.
Mijamil Qomar. (n.d.). Pesantren : Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Intitusi. Erlangga.
Mujahid, I. (2021). Islamic orthodoxy-based character education: creating moderate Muslim in a modern pesantren in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 185–212. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.185-212
Nanang Martono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Rajawali.
Ni’mah, Z., Putri, N., Zakiyah, N., & Nurhaeni. (2019). Revitalizing Modern Pesantren Education: A Comparison Of Wahid Hasyim And Yudian Wahyudi Perspective. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 159–176. https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.644
Nugraha, M. T., Pandi, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Formulasi Kebijakan Pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1341
Parwanto, W., & Antika, Y. (2024). NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM TRADISI SEDEKAH SUKA-RELA PADA RITUS KEMATIAN MASYARAKAT. Wawasan, 5(1), 118–134.
Parwanto, W., & Riyani, R. (2022). Visualisasi Nalar Esoteris dalam Tafsir Melayu-Jawi (Studi Interpretasi QS. Al-Fatihah dalam Manuskrip Tafsir M. Basiuni Imran Sambas Dan Tafsir Nurul Ihsan Said bin Umar Al-Kedah). Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 22(1), 27. https://doi.org/10.14421/ref.2022.2201-02
Parwanto, W., Sahri, S., Busyra, S., Riyani, R., & Nadhiya, S. (2022). Religious Harmonization on Ethno-Religious Communities of Muslim and Dayak Katab-Kebahan in Tebing Karangan Village, Melawi District, West Kalimantan. Harmoni, 21(2), 184–200. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i2.638
Parwanto, Wendi, Sulaiman, R. (2024). Gender in Social Media : A Comparative Study of Abd . Somad and Adi Hidayat ’ s Interpretation on Gender Equality. Jurnal Ilmiah Widya Borneo, 7(2), 91–102. https://doi.org/10.56266/widyaborneo.v7i2.330
Rahman, B. A. (2022). Islamic revival and cultural diversity: Pesantren’s configuration in contemporary Aceh, Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 12(1), 201–229. https://doi.org/10.18326/ijims.v12i1.201-229
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Soekma Karya, dkk. (1996). Ensiklopedi Mini Sejarah & Kebudayaan Islam. Logos Wacana Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulaiman, A. (2016). Memahami Teori Konstruksi Sosial-Peter L. Berger. Jurnal Society, VI(1), 15–22.
Sumber Wawancara
Badruddin Aziz, 12 Januari 2025.
Muzammil, 13 Januari 2024.
Kholip, 13 Januari 2025.
Ummi Kalsum, 12 Januari 2023.

Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.