POTRET MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AS’ADIYAH ULOE

Authors

  • Ahmad Syafii UIN Alauddin Makassar
  • Sahri Bulan MTs As'adiyah Uloe
  • Hasnawati Hasnawati MTs As’adiyah Uloe
  • Akmal Akmal Kementerian Agama Kabupaten Bone

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.258

Keywords:

moderasi beragama, pembelajaran PAI, MTs As’adiyah

Abstract

Abstract

Radicalism and intolerance are against Islam and Pancasila. This article describes religious moderation internalization through Islamic Religious Education (PAI) at MTs As'adiyah Uloe, Bone Region South Sulawesi. The research focuses on three aspects: moderation value, methods, media and learning strategies. This research is a qualitative approach that uses the case study method. Data was collected using observation, interview and documentation techniques. Data consist of primary and secondary sources. Preliminary data was taken from interviews and surveys. Secondary data is taken from supporting documents and relevant articles. Data were analyzed using descriptive analysis techniques through the stages of collection, reduction, presentation, drawing conclusions and triangulation. The research formulates several conclusions. Firstly, the value of religious moderation is instilled in intracurricular activities through the subjects of Aqidah Akhlak (tasamuh), Al-Qur'an Hadith (tawazun), Fiqh (tawassuth), and SKI (muwathanah). The extracurricular activities include Al-Qur'an literacy (ta'addub), Duha and Zuhur prayers (musawah); and Saturday Sharing (tasamuh). Secondly, learning methods have lecture, question and answer, discussion and roleplaying. Thirdly, the internalization strategy is carried out through the introduction, implementation, habituation and application stages. Fourthly, the learning media used includes images (pictures), videos, infocus/LCD, and smart TV.

Abstrak

Radikalisme dan intoleransi sangat bertentangan dengan Islam dan Pancasila. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret penanaman moderasi beragama di MTs As’adiyah Uloe kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone Propinsi Sulawesi Selatan. Fokus penelitian meliputi tiga aspek yaitu mutan nilai moderasi pada mata Pelajaran PAI, metode, media dan strategi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan motode studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri atas sumber primer dan sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara dengan narasumber dan survei terhadap responden. Data sekunder diambil dari arsip atau dokumen penunjang serta artikel yang relevan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Penelitian menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama nilai moderasi beragama ditanamkan pada kegiatan intrakurikuler melalui mata Pelajaran Akidah Akhlak (tasamuh), al-Qur’an Hadis (tawazun), Fikih (tawassuth), dan SKI (muwathanah). Adapun dalam kegiatan ekstrakurikuler meliputi Literasi al-Qur’an (ta’addub), salat Duha dan Zuhur berjamaah (musawah); dan Sabtu Berbagi (tasamuh). Kedua, metode pembelajaran meliputi metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan bermain peran. Ketiga, strategi pembelajaran diterapkan melalui tahapan pengenalan, implementasi, habituasi, dan pengaplikasian. Keempat, media pembelajaran yang digunakan meliputi gambar, video, dan infokus/LCD, serta smart tv.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, K. (2004). Al-Jumanat al-’Ali: Al-Qur’an dan Terjemahnya. J-Art.

AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51.

Bel. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Moderasi Beragama di Madrasah. Kementerian Agama Jawa Tengah.

Benny Andrios. (2021). Menag Tegaskan Moderasi Beragama Penting Dalam Memperkuat Negara. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 114–124.

Hakim, L. (2022). BNPT: Generasi Z dan milenial rentan terpapar radikalisme. Antara News.

Handayani, S. (2023). Metode Pendidikan Islam Perspektif Hadits. JOTE: JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(3), 264–270.

Hartini, Y., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Pada Siswa MTs Nurul Huda Kedopok Kota Probolinggo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 464–472.

Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Feriyanto, Junaidi, Nurlaila, Q., Rahmi, H., Telaumbanua, A. C., Wahyudi, Ratnadewi, Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. Tohar Media.

Humas. (2019). Kemenag Terus Prioritaskan Program Pengarusutamaan Moderasi Beragama. Kominfo.

Kemenag. (2022). Kemenag Kenalkan Moderasi Beragama pada Dunia Islam. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Khairul Rijal, M., Nasir, M., & Rahman, F. (2022). Potret Moderasi Beragama di Kalangan Mahasiswa. Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan, 10(1), 172–185.

Lubis, K., Samsidar, Pasaribu, M., Wahyuni, S., & Dalimunthe, R. Y. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA KELAS XI MAN 1 MANDAILING NATAL. Tarim : Jurnal Islamic Eduation, 1(1), 33–44.

Majid, R. A. (2022). BNPT: 33 Juta Penduduk Indonesia Terpapar Radikalisme, Butuh Undang-Undang Pencegahan. Kompas TV.

Mastel. (2017). Hasil Survey Wabah HOAX Nasional 2017. Mastel.

Misbah, M., & Fahmi, I. N. (2021). INTERNALIZATION OF ISLAMIC MODERATION VALUES IN PAI LEARNING AT SMA MA’ARIF NU 1 BANYUMAS. Al-Qalam: Jurnal Penelitian Agama Dan Sosial Budaya, 27(1), 131–141.

Muzakky, A. H. (2022). Potret Moderasi dan Toleransi Beragama dalam Tafsir QS. Al-Kafirun dan Relevansinya dalam Konteks Keindonesiaan. Journal of Religious Moderation, 1(1), 16–35. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3306.

Nurbiah, Syafi’i, A., & Fahril. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alef Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Tema Himpunan di MTs As’adiyah Uloe. Educandum, 9(1), 126–134. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1060

Rohmah, S., & Badriyah, Z. (2022). Analisis Materi Islam Wasathiyah pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 4(1), 39–44.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Kencana.

Setyawan, F. A. (2019). Menag: Hasil Survei, 52 Persen Pelajar Setuju Radikalisme. CNN Indonesia.

Shihab, M. Q. (2017). Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Shihab, Q., & Shihab, N. (2021). Hidup Bersama Al-Qur’an 1: Moderasi dan Tujuan Pendidikan Agama Islam, Tanya Jawab Seputar Puasa, Zakat, Haji, Al-Qur’an, Agama dan Budaya. Lentera Hati.

Solina, A., Lestari, P., & Sururiyah, S. K. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS X DI SMK N 3 PURWOREJO. Jurnal Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 6(1), 48–61. https://ejournal.stainupwr.ac.id/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryani, E., & Ismail, Y. (2022). Upaya Peningkatan Minta Belajar Fikih Melalui Metode Role Playing Di Kelas VII MTS Yaspen Muslim Desa Pematang Tengah. In Journal of Islamic Studies (Vol. 1, Issue 1). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jkes/home

Syafi’i, A. (2022a). Implikasi Al-Qur’an Terhadap Fenomena Radikalisme Islam Era Digital. Annual Conference on Islamic Studies and Humanities, 24–31.

Syafi’i, A. (2022b). Solusi Penguatan Moderasi Beragama dalam Al-Qur’an. BARUGA: Jurnal Ilmiah BDK Makassar, 11(2), 14–38.

Syafi’i, A., Haddade, H., & Munir. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah Darasa Patappulo Seddi pada Majelis Qurra’ Wal Huffadz As’adiyah di Masjid Jami’ Sengkang. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 89–110. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/9338

Syafi’i, A., & Rapi, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN: Menerapkan Model Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1), 52–70. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah

Widiastuti, N. (2023). METODE PEMBELAJARAN DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN. Al Fatih, 1(1), 1–8. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF

POTRET MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AS’ADIYAH ULOE

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Syafii, A., Bulan, S., Hasnawati, H., & Akmal, A. (2023). POTRET MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AS’ADIYAH ULOE. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(2), 203 - 219. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.258