PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH INTERNASIONAL BUKIT SION

Authors

  • Maryani Maryani MTs. Negeri 13 JAKARTA
  • Handayani Sinaga

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.89

Keywords:

Indonesian language learning, text-based, foreign language students

Abstract

Abstract

This study aims to describe the application of text-based learning to class XI students at Bukit Zion International School. The method used in this research is descriptive method. The informants in the study were Indonesian language teachers who taught in class XI and students. Data collection is done by analyzing the Learning Implementation Plan (RPP), observing its implementation and interview. The approach is carried out in the context of online learning. The results showed a discrepancy between the time allocation contained in the lesson plans and the actual learning that had been carried out in class. After being confirmed, the teacher stated that the core activities lacked time so that the reviews given by the teacher after the students' presentations were not in-depth. This is because learning is done online.

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis teks pada siswa kelas XI Sekolah Internasional Bukit Sion. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Informan dalam penelitian yaitu guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI dan siswa. Penggumpulan data dilakukan dengan menganalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengamati implementasinya dan wawancara. Penerapan pendekatan dilaknsaka dalam konteks pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan ketidaksesuaian antara alokasi waktu yang terdapat pada RPP dengan pembelajaran sebenarnya yang telah dilakukan di kelas. Setelah dikonformasi guru menyatakan bahwa pada kegiatan inti kekurangan waktu sehingga ulasan yang diberikan oleh guru setelah siswa presentasi kurang mendalam. Hal ini disebabkan karena pembelajaran dilakukan secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesta, R., Purwadi, A. J., & Dharma, P. S. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah Kelas XI. Jurnal Ilmiah Korpus, III(I).

Damsir, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bercerita dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 14 Banyu Asin III Melalui Media Gambar 2018/2019. Jurnal Lipnas, 2(2).

Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Hidayat, K. (2001). Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Trimitra Mandiri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kemendikbud.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

Pinasti, Intan Indria; Rohmadi, Mohammad; Rakmawati, dan A. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 (Studi Kasus Teks Ulasan Cerpen di Kelas VII SMP Negeri 2 Ngawi). Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 6(1).

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Ramadania, F. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku Ajar Kurikulum 2013. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya ISSN 2527-4104, 1(2).

Saragih, A. (2016). Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks dalam Kurikulum 2013. Medan Makna, 14(2), 197–214.

Sutikno, S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Prospect.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Maryani, M., & Sinaga, H. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH INTERNASIONAL BUKIT SION. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 174-186. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.89