PEMIKIRAN SYEKH NAWAWI AL-BANTANI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS KRITIS DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v5i1.266Keywords:
pendidikan karakter, Kurikulum Merdeka, pendidikan Islam, Syeh Nawawi Al-BantaniAbstract
Abstract
This study aims to compare moral education according to Syekh Nawawi with character education in the strengthening project of the Pancasila Student Profile (P3) and the Rahmatan lil 'Alamin Student Profile (PPRA) in the Kurikulum Merdeka. The research question of this study is to identify the similarities and differences between these two approaches in terms of the roles of teachers, the roles of families, and the learning approaches. The research method used is library research, by reviewing various relevant literature sources, including the works of Syekh Nawawi, curriculum documents of Kurikulum Merdeka and related studies by various authors. The review procedure was conducted by collecting and analyzing data from books, articles, and journals that explain Syekh Nawawi's views on moral education, as well as the concepts and implementation of character education in Kurikulum Merdeka. The literature reviewed includes Syekh Nawawi's works such as “Marah Labib" and Nashaikhul 'Ibad" official documents from the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology and the Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia on the implementation of character education in P3 and PPRA, as well as other supporting literature. The conclusion of this study shows that both approaches have the same goal of developing the character and morals of students holistically. The main similarity is the emphasis on moral and religious values as the basis of education. The difference lies in the active role of teachers and families in education according to Syekh Nawawi, and the independent and student-centered approach in P3 and PPRA. Nawawi also emphasizes the integration of local culture and the Syafi'iyah school of thought in the learning materials, while P3 and PPRA emphasize the relevance of the cultural and environmental context of the students in general.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pendidikan akhlak menurut Syekh Nawawi dengan pendidikan karakter dalam proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P3) dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin (PPRA) dalam Kurikulum Merdeka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persamaan dan perbedaan antara kedua pendekatan tersebut dalam hal peran guru, peran keluarga, dan pendekatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (library research), dengan menelaah berbagai sumber literatur yang relevan, termasuk karya-karya Syekh Nawawi, dokumen Kurikulum Merdeka, serta penelitian terkait dari berbagai penulis. Prosedur kajian dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari buku, artikel, dan jurnal yang memaparkan pandangan Syekh Nawawi mengenai pendidikan akhlak, serta konsep dan implementasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Sumber pustaka yang dikaji meliputi karya Syekh Nawawi seperti kitab Marah Labib, Nashaikhul ‘Ibad, dokumen resmi Kemendikbudristek dan Kemenag Republik Indonesia tentang implementasi pendidikan karakter dalam P3 dan PPRA, serta literatur pendukung lainya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua pendekatan tersebut memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan karakter dan akhlak peserta didik secara holistik. Persamaan utama adalah penekanan pada nilai-nilai moral dan religius sebagai dasar pendidikan. Perbedaan terletak pada peran aktif guru dan keluarga dalam pendidikan menurut Syekh Nawawi, serta pendekatan mandiri dan student-centered dalam P3 dan PPRA. Nawawi juga lebih mengutamakan integrasi budaya lokal dan pandangan madzhab syafi’iyah dalam materi pelajaran, sementara P3 dan PPRA menekankan relevansi konteks budaya dan lingkungan peserta didik secara umum.
Downloads
References
Al-Bantani, S. N., & Faizah, A. F. (2022). Nashaihul ’Ibad: Nasihat-nasihat dan Cerita-cerita dari Khazanah Nabi Saw, Sahabat, Tabi’in, Tabi’it Tabi’in, Sufi, dan Ulama. DIVA PRESS. https://books.google.co.id/books?id=4PRXEAAAQBAJ
Al Anshory, M. L. (2020). Kontekstualisasi Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani tentang Pendidikan Akhlak di Madrasah Tsanawiyah. El-Hikmah: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 23–41.
Alawiyah, T. (2023). Ilmu Pendidikan Islam (Dalam Teori Suasana Pendidikan Islam). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=I-StEAAAQBAJ
Anifah, S. (2017). PERANAN NABI MUHAMMAD SEBAGAI RAHMAT LI AL ‘ALAMIN DALAM SURAT AL-ANBIYA’ AYAT 107 PERSPEKTIF MUFASIR INDONESIA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL.
Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 168–183.
Asrohah, H., Hasanah, M., Yuliantina, I., Hasan, M. A., & Ambarwati, A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin. Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 1–70.
Asrowi. (2022). Pendidikan Islam Menurut Syaikh Nawawi Al-Bantani Dan Implikasinya di Era Globalisasi. JURNAL AKSIOMA AL-ASAS : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Din, 3(2), 135–148.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Bashori. (2017). Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 37–58.
Diana, Z. A., Farhan, M., & Sarjuni. (2021). Etika Pelajar Perspektif Syekh Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam ( Telaah Buku Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani Karya Maragustam ). Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 5, 206–214.
Ependi, N. H., Pratiwi, D., Ningsih, A. M., Kamilah, A., Wijayanto, P. W., Dermawan, H., Hutapea, B., Yusuf, M., & Alamsyah, T. (2023). Pendidikan Karakter. Sada Kurnia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=3-yrEAAAQBAJ
Habibullah, N. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Merdeka Belajar. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(I).
Hidayat, A. W. (2019). Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya di Era Modern. JURNAL AQLAM-Journal of Islam and Plurality, 4(2), 196–214. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/view/1012
Ihyakulumudin, M., & Dewi, R. S. (2022). Analisis Biplot Pada Pemetaan Indeks Karakter Siswa Dan Pembangunan Manusia Pada Provinsi Di Indonesia. Educandum, 8(1), 172–181.
Ismail, & Wardi, M. (2021). PEMIKIRAN SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI TENTANG ILMU DAN ULAMA DALAM KITAB QAMI’UT TUGHYAN. Kabilah : Journal of Social Community, 5(September 2020). https://doi.org/10.35127/kbl.v5i1.4006
Iwantoro, I. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Syekh Nawawi al-Bantani al-Jawi. Journal of Islamic Education (JIE), IV(2), 153–163.
Khafiyah, M. A. N. A. (2023). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DALAM KITAB NASHAIHUL ‘IBAD. SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.
Maliya, I. A., Thohari, I., & Ertanti, D. W. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan AKhlak dalam Kitab Nashaihul ’Ibad Karya Syekh Nawawi Al-Bantani. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5.
Minsih, M., Fuadi, D., & Rohmah, N. D. (2023). Character education through an independent curriculum. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 597–602.
Muhammad, H. Z., Imawan, D. H., & Fathul Majid, M. F. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Nawawi Al- Bantani : Paradigma Pengajaran Multidimensi. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 291–310.
Muhammad, H. Z., Imawan, D. H., & Majid, M. F. F. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Nawawi Al-Bantani: Paradigma Pengajaran Multidimensi. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 291–310.
Muqit, A. (2022). Memperkuat Nasionaisme Kebangsaan Perspektif Syekh Nawawi Al-Bantani dan M. Quraish Sihab. Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 3(2), 236–250. https://doi.org/10.58401/takwiluna.v3i2.751
Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas perspektif (1st ed.). Kencana Pranada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=mqRADwAAQBAJ
Natipulu, E. L. (2024). Kurikulum Merdeka Resmi Jadi Kurikulum Nasional. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2024/03/27/kurikulum-merdeka-resmi-jadi-kurikulum-nasional
Pramita, A. W., Lubis, C. N., Aulia, N., & Sopha, G. Z. (2023). Hakikat Pendidikan Islam: Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 83–89.
Purnawanto, A. T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 16(2), 103–115.
Putri, N. S. E., Setiani, F., & Al Fath, M. S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0: Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201.
Rizaty, M. A. (2023). Kemendikbud Catat 436.707 Sekolah di Indonesia pada 2023/2024. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/kemendikbud-catat-436707-sekolah-di-indonesia-pada-20232024
Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD (1st ed.). Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=fTvaEAAAQBAJ
Suwahyu, I., Nurhilaliyah, N., & Muthmainnah, S. (2021). Aksiologi Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Nawawi Al-Bantani Di Era Globalisasi. Tadrib, 6(2), 229–243. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i2.5149
Suwarjin, S. (2017). Biografi Intelektual Syekh Nawawi Al-Bantani. Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 2(2), 189. https://doi.org/10.29300/ttjksi.v2i2.717
Tarom, M. A. (2021). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(2), 177–182.
Ubaedillah, A. (2023). Nawawi al-Bantani, Ulama Publik dan Punggawa Islam Moderat. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/opini/582604/nawawi-al-bantani-ulama-publik-dan-punggawa-islam-moderat
Wibowo BS, T. (2017). Akulah Debu Di Jalan Al-Musthofa. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=v92VDwAAQBAJ
Zaeni, A., Sari, N. Hu. M., Syukron, A. A., Fahmy, A. F. R., Prabowo, D. S., Ali, F., & Faradhillah, N. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah (1st ed.). PT Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?id=tQbHEAAAQBAJ
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=zG9sDAAAQBAJ
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.