PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA PELATIHAN MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH DI BDK SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.53800/46nbrf24Keywords:
kemampuan menyusun RPP, guru, madrasah diniyah, experiential learningAbstract
Abstract
This study aims to determine the increase of Madrasah Diniyah teacher ability to make lesson plans through the application of Experiential Learning in Madrasah Diniyah Learning Management training at the Tegal Regency Ministry of Religion Office organized by the Semarang Religious Education and Training Center in 2023. The study used an evaluative method using the Kirkpatrick model in learning level. The data analyzed were the RPP scores made by participants in the Concrete Experience step and the RPP score from the Active Experimentation step. The data were processed using descriptive statistics and interpretations. The study concluded that there was a very high increase in the ability to make lessons in training participants after participating in Experiential Learning model activities.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun RPP pada guru Madrasah Diniyah melalui penerapan Experiential Learning dalam pelatihan Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2023. Penelitian menggunakan metode penelitian evaluasi model Kirkpatrick level learning. Data yang dianalisis adalah nilai RPP yang dibuat peserta pada langkah Concrete Experience dan RPP hasil Active Experimentation. Data diolah menggunakan statistic deskriptif persentasi dan interpretasi. Penelitian menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun RPP yang sangat tinggi pada peserta pelatihan setelah mengikuti Pembelajaran menggunakan model Experiential Learning.
Downloads
References
Armaluddin, U. (2022). Manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu madrasah diniyah. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.3
Barida, M. (2018). Model Experiential Learning dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 153. https://doi.org/10.26638/jfk.409.2099
Diastuti, T. (2019). Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Diniyah di Madrasah Diniyah Awaliyah Maárif Mrican Jenangan Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Fauzi, A., & Nikmatullah, C. (2016). PELAKSANAAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DI KOTA SERANG. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 157–178. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.763
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01), 71–86.
Intan, D. N., Aziz, H., Khambali, K., & Mulyani, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1–9.
Nuraeni, R. (2019). PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROGRAM KEAHLIAN DAN SERTIFIKASI BAGI GURU SMK/SMA KEAHLIAN GANDA PELAKSANAAN IN 1 (TATAP MUKA). Jurnal TEDC, 11(3), 278–285.
Revisi SK Dirjen Pendis No. 2347 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah, Pub. L. No. No. 7131 Tahun 2014, Dirjen Pendis (2014).
Suhartono, Indramawan, A., & Idawati. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Ustadz Dan Ustadzah Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk. Al Madani, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i1.732
Yusuf Hanafiah. (2020). Madrasah Diniyah: Antara Realitas, Political Will, dan Political Action. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 35–61. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.69
Zafi, A. A., Khusnan Arief, A. Q., Ahsani, E. L. F., & Hanik, E. U. (2021). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Babu Salam Blingoh Donorojo Jepara. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 232–245. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i2.271
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.