PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA PELATIHAN MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH DI BDK SEMARANG

Authors

  • Siti Aminah Balai Diklat Keagamaan Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53800/46nbrf24

Keywords:

kemampuan menyusun RPP, guru, madrasah diniyah, experiential learning

Abstract

Abstract

This study aims to determine the increase of Madrasah Diniyah teacher ability to make lesson plans through the application of Experiential Learning in Madrasah Diniyah Learning Management training at the Tegal Regency Ministry of Religion Office organized by the Semarang Religious Education and Training Center in 2023. The study used an evaluative method using the Kirkpatrick model in learning level. The data analyzed were the RPP scores ​​made by participants in the Concrete Experience step and the RPP score from the Active Experimentation step. The data were processed using descriptive statistics and interpretations. The study concluded that there was a very high increase in the ability to make lessons in training participants after participating in Experiential Learning model activities.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun RPP pada guru Madrasah Diniyah melalui penerapan Experiential Learning dalam pelatihan Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2023. Penelitian menggunakan metode penelitian evaluasi model Kirkpatrick level learning. Data yang dianalisis adalah nilai RPP yang dibuat peserta pada langkah Concrete Experience dan RPP hasil Active Experimentation.  Data diolah menggunakan statistic deskriptif persentasi dan interpretasi. Penelitian menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun RPP yang sangat tinggi pada peserta pelatihan setelah mengikuti Pembelajaran menggunakan model Experiential Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armaluddin, U. (2022). Manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu madrasah diniyah. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.3

Barida, M. (2018). Model Experiential Learning dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 153. https://doi.org/10.26638/jfk.409.2099

Diastuti, T. (2019). Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Diniyah di Madrasah Diniyah Awaliyah Maárif Mrican Jenangan Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Fauzi, A., & Nikmatullah, C. (2016). PELAKSANAAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DI KOTA SERANG. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 157–178. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.763

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01), 71–86.

Intan, D. N., Aziz, H., Khambali, K., & Mulyani, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1–9.

Nuraeni, R. (2019). PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROGRAM KEAHLIAN DAN SERTIFIKASI BAGI GURU SMK/SMA KEAHLIAN GANDA PELAKSANAAN IN 1 (TATAP MUKA). Jurnal TEDC, 11(3), 278–285.

Revisi SK Dirjen Pendis No. 2347 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah, Pub. L. No. No. 7131 Tahun 2014, Dirjen Pendis (2014).

Suhartono, Indramawan, A., & Idawati. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Ustadz Dan Ustadzah Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk. Al Madani, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i1.732

Yusuf Hanafiah. (2020). Madrasah Diniyah: Antara Realitas, Political Will, dan Political Action. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 35–61. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.69

Zafi, A. A., Khusnan Arief, A. Q., Ahsani, E. L. F., & Hanik, E. U. (2021). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Babu Salam Blingoh Donorojo Jepara. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 232–245. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i2.271

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA PELATIHAN MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH DI BDK SEMARANG. (2024). Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 5(2), 221-230. https://doi.org/10.53800/46nbrf24

Similar Articles

1-10 of 75

You may also start an advanced similarity search for this article.