PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MODUL BERBASIS NUMERASI

Authors

  • Erna Sari Agusta MTsN 28 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.121

Keywords:

matematika, pengusaan konsep, modul, numerasi

Abstract

Abstract

This study aims to describe how to apply a numeration-based module to improve mathematics concept mastery in distance learning during the COVID-19 Pandemic at MTsN 20 Jakarta. This Classroom Action Research (CAR) was conducted on July 22 to August 12, 2021, for 2 cycles on the concept of Number and Sequence Patterns. Each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. Through the research, qualitative data was collected regarding the application of numeracy-based modules using observation, interviews and observational notes, and quantitative data on concept mastery test results. Qualitative data was processed using a four-step qualitative analysis method, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusions, while quantitative data is processed using descriptive statistics. The results showed that the numeration-based module could be used as a media to improve the mastery of mathematical concepts. Assessment was conducted after using the media obtained an increase in the concept mastery score from an average of 63,90 to 77,19 and the percentage of student completeness from 53,125% to 81,25%. This study recommends to use numeration-based modules as a learning media to improve students' mastery of mathematical concepts.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara menerapkan modul berbasis numerasi untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika pada pembelajaran jarak jauh di masa Pandemi Covid 19 MTsN 20 Jakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan 22 Juli sampai dengan 12 Agustus 2021 sebanyak 2 siklus pada materi Pola Bilangan dan Barisan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Melalui penelitian dikumpulkan data kualitatif mengenai penerapan modul berbasis numerasi menggunakan teknik observasi, wawancara dan catatan apangan; dan data kuantitatif hasil tes penguasaan konsep. Data kualitatif diolah menggunakan metode analisis kualitatif empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan; sedangkan data kuantutatuf diolah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis numerasi dapat digunakan sebagai mdedia untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematiks. Hasil pengukuran setelah penggunaan media tersebut diperoleh peningkatan skor penguasaan konsep dari nilai rata-rata 63,90 menjadi 77,19 dan prosentase ketuntasan belajar siswa dari 53,125% menjadi 81,25%. Dengan hasil penelitian ini direkomendasikan penggunaan modul berbasis numerasi sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematis siswa.



Downloads

Download data is not yet available.

References

Albana, L. F. A. N. F. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Sumber Belajar Siswa SMK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6623

Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., & Romdhoni, V. A. (2021). Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar Beranda, 1(1), 60–69.

Cahyaningtyas, F. (2019). Pengembangan E-Book Retelis dalam Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. University of Muhammadiyah Malang.

Daryanto, D. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Gava Media.

Depdiknas, D. P. (2008). Penulisan Modul. Direktorat Jendral PMPTK.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Erman Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Edisi Revisi. In (Bandung: JICA UPI, 2003). Bumi Aksara.

Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631

Fitrianingsih, A. (2021). Modul ragam literasi dalam konteks evaluasi pembelajaran biologi abad 21 [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/15031/

Han, W., & Santoso, D., D. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harmini, T. (2019). Efektivitas penggunaan modul berbasis differentiated instruction untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 136–148.

Kemdikbud, T. G. (2017). Literasi Digital (Gerakan Literasi Nasional). Sekretariat TIM GLN Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusuma, R. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Animasi Gambar Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Siswa. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 17(2), 176–186.

Milles, M. B., & Hubberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Percetakan.

Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi Literasi Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view/20479

Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915

Sa’dia, H. (2021). Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal PISA Konten Space and Shape. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Tessy, P. P. . (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII3 SMP Pertiwi 2 Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Penggunaan Modul Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 12. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p12-20

Wardani, I. K. (2016). Pengaruh Pemahaman Konsep Matematika Vektor Mahasiswa FMIPA UNIPDU Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Mekanika. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 215. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.254

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MODUL BERBASIS NUMERASI

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Agusta, E. S. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MODUL BERBASIS NUMERASI. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 01-15. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.121