ANALISIS PERSEPSI GURU PAI KELAS 10 TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 66 JAKARTA

Authors

  • Muhammad Teguh Saputra Universitas Negeri Jakarta
  • Mushlihin Amali Universitas Negeri Jakarta
  • Suci Nurpratiwi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.251

Keywords:

persepsi, guru PAI, Kurikulum Merdeka

Abstract

Abstract

This research aims to analyze and describe the perceptions of grade X PAI teachers at SMAN 66 Jakarta regarding implementing the Kurikulum Merdeka. In this research, a qualitative approach was used. Data was collected through interviews with PAI teachers, the Deputy Principal for Curriculum, and students of SMAN 66 Jakarta. The data obtained was classified into two forms using the Walgito perception technique: positive and negative. The data consists of four aspects: innovation, democratic school culture, development of learning quality, and quality of learning outcomes in numeracy, literacy, and character. The research shows that the Kurikulum Merdeka tends to be perceived positively because (1) the Lurikulum Merdeka provides space for innovation; (2) The Kurikulum Merdeka accommodates democracy; (3) The Kurikulum Merdeka promotes and guarantees students' critical thinking; (4) The Kurikulum Merdeka through the P5 program helps PAI teachers improve student learning outcomes in terms of numeracy, literacy and character. On the other hand, the Kurikulum Merdeka is perceived negatively because (1) There is a lack of sufficient budget and facilities to implement; and (2) PAI teachers think that there are not many changes from the Kurikulum 2013 concept to the Kurikulum Merdeka.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana persepsi guru PAI Kelas X SMAN 66 Jakarta terkait penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru PAI, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, serta siswa SMAN 66 Jakarta. Data yang diperoleh diklasifikasi menggunakan teknik persepsi Walgito ke dalam dua bentuk, yaitu persepsi positif dan negatif.  Data terdiri dari empat aspek yaitu Inovasi, Budaya sekolah yang demokratis, Pengembangan kualitas pembelajaran dan Kualitas hasil belajar numerasi, literasi, dan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka cenderung dipersepsikan positif karena (1) Kurikulum merdeka cukup memberikan ruang untuk berinovasi; (2) Kurikulum Merdeka mewadahi demokrasi dalam mengajar; (3) Kurikulum Merdeka mengusung dan menjamin pikiran kritis siswa; (4) Kurikulum Merdeka melalui program P5 membantu guru PAI meningkatkan hasil belajar siswa dari segi numerasi, literasi, dan karakter. Di sisi lain Kurikulum Merdeka dipersepsikan negatif karena (1) Kurangnya anggaran dan fasilitas yang cukup dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka; dan (2) Guru PAI menganggap bahwa tak banyak perubahan dari konsep kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifa, F. A., Bukhori, I. B., & Inzah, M. I. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Taruna Dra Zulaeha Leces Probolinggo. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 36–44. https://doi.org/10.30659/JPAI.6.1.36-44

Caldwell, B. J., & Spinks, J. M. (1998). Beyond the Self-Managing School. Beyond the Self-Managing School, 1–256. https://doi.org/10.4324/9780203397435/BEYOND-SELF-MANAGING-SCHOOL-BRIAN-CALDWELL-JIM-SPINKS

Gusnandy, G., Deswalantri, D., Januar, J., & Alimir, A. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Palupuh. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 108–119. https://doi.org/10.59246/ALFIHRIS.V1I2.219

Ilhamsyah, M., Wiguna, S., & Saleh, M. (2023). Persepsi Guru Tentang Konsep Kurikkulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Padang Tualang. Journal Millia Islamia, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.51178/CE.V2I1.187

Kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran - Direktorat SMP. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/

Kemdikbud. (2023). Perbandingan Kurikulum | Sistem Informasi Kurikulum Nasional. Kemdikbud. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan-kurikulum

Maulidi, A. R., Ridhanti, M., & Habibah, N. (2018). KARAKTERISTIK KURIKULUM 2013. https://www.academia.edu/38664705/KARAKTERISTIK_KURIKULUM_2013

NELLY, G. (2018). PERSEPSI GURU PAI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MTs.YPP.AZIDDIN. http://repository.uinsu.ac.id/4349/

Nur Fitrotun, N., Miftakhul Huda, M., Ali Fikri, A., & Kudus, I. (2019). Persepsi Calon Guru PAI terhadap Merdeka Belajar. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3387

Pillawaty, S. S., Firdaus, N., Ruswandi, U., & Syakuro, S. A. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 1, 379–388. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/9504

Rahmadhani, R. N., & Istikomah, I. (2023). Kompetensi Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Muhammadiyah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 20–36. https://doi.org/10.46963/ALLIQO.V8I1.793

Riza, S., Desreza, N., & Yani, N. A. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Persepsi Masyarakat Terhadap Vaksin Covid-19 di Kota Banda Aceh. Jurnal Aceh Medika, 6(1), 136–145. http://103.52.61.43/index.php/acehmedika/article/view/3048

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). ANALISIS KESIAPAN GURU MENGIMPLEMENTASIKAN ASESMEN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87–103. https://doi.org/10.21009/JPD.V12I01.21159

Saragih, H. S. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PERSEPSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SIPISPIS MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. UNIMED.

Siregar, B., Putri, V., Nurrayza, N., & Putri, V. (2023). Potret Guru Pendidikan Agama Islam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Ar-Rahman Medan Helvetia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1266–1277. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I2.424

Sugiyono, P. D. (2015). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. CV. Alfabeta.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. CV. Andi Offset.

Yunedi, N. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP dalam Materi Mengenaltari Nusantara dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas IIISD Inpres 6 Lolu. Universitas Tadulako.

ANALISIS PERSEPSI GURU PAI KELAS 10 TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 66 JAKARTA

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Saputra, M. T., Amali, M. ., & Nurpratiwi, S. (2023). ANALISIS PERSEPSI GURU PAI KELAS 10 TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 66 JAKARTA. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(2), 220 - 233. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.251