KEMAMPUAN ANALISIS GRAFIK FUNGSI KUADRAT TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.224Keywords:
kemampuan analisis, grafik fungsi kuadrat, nilai-nilai keislamanAbstract
Abstract
This study aims to determine students' analytical abilities in the matter of quadratic function graphs as well as learn the learning of quadratic function graphs integrated with Islamic values at MTsN 28 Jakarta. This Classroom Action Research was conducted in 2 cycles on Quadratic Function Graph material. Each process consists of planning, implementing, observing, and reflecting. Through research, qualitative data on mathematics learning integrated with Islamic values were collected using observation techniques, interviews, field notes, and quantitative data analysis ability test results. Qualitative data was processed using a four-step qualitative analysis method: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion, while the quantitative data were processed using descriptive statistics. The results showed that the student's analytical abilities on the quadratic function graph material integrated with Islamic values developed well. An analogy between the effects of the x2 coefficient, x coefficient, and constant values on the shape of the graph teaches the material for graphing quadratic functions integrated with Islamic values. Islamic values that appear based on students' analytical abilities on changes in the form of the quadratic function graph are the concepts of faith, lust (desire), and charity (deeds). After learning the quadratic function graph integrated with Islamic values, the measurement results increased the analytical ability score from the average value and the percentage of student learning completeness. With the results of this study, it is recommended that mathematics learning is integrated with Islamic values as a learning approach that can improve students' mathematical analysis abilities.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis siswa pada materi grafik fungsi kuadrat sekaligus mengetahuipembelajaran grafik fungsi kuadrat yang terintegrasi nilai-nilai keislaman di MTsN 28 Jakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus pada materi Grafik Fungsi Kuadrat. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Melalui penelitian dikumpulkan data kualitatif mengenai pembelajaran matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman menggunakan teknik observasi, wawancara dan catatan lapangan; dan data kuantitatif hasil tes kemampuan analisis. Data kualitatif diolah menggunakan metode analisis kualitatif empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan; sedangkan data kuantitatif diolah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis siswa pada materi grafik fungsi kuadrat yang terintegrasi nilai-nilai keislaman berkembang dengan baik. Materi grafik fungsi kuadrat yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dibelajarkan dengan menganalogikan antara pengaruh koefisien x2, koefisien x, dan nilai konstanta terhadap bentuk grafik. Nilai-nilai keislaman yang muncul berdasarkan kemampuan analisis siswa pada perubahan bentuk grafik fungsi kuadrat adalah konsep iman, nafsu (keinginan), dan amal (perbuatan). Hasil pengukuran setelah dilakukan pembelajaran grafik fungsi kuadrat yang terintegrasi nilai-nilai keislaman diperoleh peningkatan skor kemampuan analisis dari nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar siswa. Dengan peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar direkomendasikan pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman sebagai suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan analisis matematis siswa.
Downloads
References
Afriansyah, E. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017. Atlantis Press, 91-97.
Asmar, A. &. (2020). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan berfikir kritis melalui penggunaan software geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221-230.
Depdiknas, B. &. (2006). Pengembangan model pendidikan kecakapan hidup. Jakarta Pusat.
Dokumen Buku I Kurikulum KTSP Madrasah Tsanawiyah Negeri 28 Jakarta.
Fitriani, F. M. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).
Huberman, M. &. (2002). The qualitative researcher's companion. Sage.
Krathwohl, D. R. (2010). Merlin C. Wittrock and the revision of Bloom's taxonomy. Educational psychologist, 45(1), 64-65.
Lasmi, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Yang Berorientasi Teori Apos Pada Materi Fungsi Kuadrat Di Kelas X-Mia Man 2 Banda Aceh. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 33-50.
Lestari, K. E. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama .
Muslimin, I. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: UNESA.
Novita, S. S. (2016). Perbandingan kemampuan analisis siswa melalui penerapan model cooperative learning dengan guided discovery learning. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, 359-367.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan motivasi belajar mengajar (cetakan 24). Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawati, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Analisis Transaksi Dalam Menyusun Jurnal Dengan Model Problem Based Learning Melalui Pengamatan BT/BK. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Setiawaty, B. T. (2019). Profil kemampuan berpikir analisis siswa sekolah menengah pertama di Surakarta. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 234-238.
Slavin, R. E. (2009). Effective programs in middle and high school mathematics: A best-evidence synthesis. Review of Educational Research, 79(2, 839-911.
Wulantina, E. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi garis dan sudut. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 2), 367-373.
Yuniati, S. &. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1-9.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.