PEMBELAJARAN AKTIF PADA PELATIHAN GURU MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Asih Aryani Balai Diklat Keagamaan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.107

Keywords:

training, teachers, active learning, MIKiR methode

Abstract

Abstract

This study aims to determine the impact MIKiR active learning method in training of Madrasah Ibtidaiyah mathematics teachers training. The research is Pre experimental design using one class as an experiment without a control class with a sample of 30 people. The data collection methods are observation and test. Data were analyed through descriptive statistics. The results showed that after using the MIKiR methode the average score of affective is89.60, the average score of knowledge is 90.17 and the average score of skillsis 89.88. Overall, an average of 89.94 was obtained. Researcher recommends conducting further research to measure the effectiveness of the method.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran aktif MIKiR pada Pelatihan Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan satu kelas sebagai eksperimen tanpa kelas kontrol dengan sampel sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan dan tes. Tteknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan rata-rata dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif MIKiR berhasil meningkatkan kompetensi peserta pelatihan aspek sikap dengan rata-rata 89,60, pengetahuan dengan rata-rata 90,17 dan keterampilan dengan rata-rata 89,88. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata 89,94. Selanjutnta direkomendasikan untuk menguji metode ini secara experiment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengatifkan Siswa. Dureligia, 1(1).

Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreatifitas Belajar. Nadwa, Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).

Elfrianto, D. (2020). Implementasi Pembelajaran Aktif Berorientasi Mikir (Mengamati, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan. Pelita Masyarakat, 2(1).

Gani, Abd., dan M. (2021). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Saintifik melalui Rektifikasi Hasil Supervisi Pembelajaran di SMA Negeri 3 Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Kewidyaiswaraan, 6(1).

Hidayat, D. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639

Kadariah. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres BTN Pemda Kota Makasar. JEKPEND Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 15–22.

Khotimah, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Pembelajaran Aktif Metode Card Short. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.091.03

Kurniawan, Y. dan. (2020). Implementasi Pak Buya (Pembelajaran Aktif dan Budaya Baca) Mewujudkan Excelence School di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(2).

Novianingsih, H. (2016). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–11.

Rosida, S. (2011). Pengaruh Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas 2 SMU. Proyeksi, 6(2), 89–102.

Saefuddin, A. & I. B. (2014). Pembelajaran Efektif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Suprapto, K. dan. (2018). Model Pembelajaran Active Learning dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses pemnbelajaran PKn. EducatiO, 2(1).

Yakob, M., dan Sari, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa SMP Membaca Puisi dengan Metode Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Journal of Education, Humanimora and Social Science (JEHSS), 2(1), 93–103.

Yuanita, D. I. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aswaja Siswa di Madrasah. Bidayatuna, 3(1).

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Aryani, A. (2022). PEMBELAJARAN AKTIF PADA PELATIHAN GURU MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 134-143. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.107