ANALISIS KESESUAIAN P5P2RA DENGAN PRINSIP PELAKSANAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.228Keywords:
kurikulum merdeka, projek penguatan profil pelajar Pancasila, rahmatan lil alamin, dampak positifAbstract
Abstract
This study aims to analyze the suitability of Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rohmatan Lilalamin (Pancasila Students Profile Strengthening Project and Rahmatan lil Alamin Students Profile Project/P5P2RA) at MTsN 1 Kota Tangerang with their implementation principles and their impacts on the students’ behaviors. This study applies a qualitative descriptive research design. The selection of the respondents used was purposive sampling. The data analysis technique used is Miles and Huberman’s analysis. The research data were collected through observations, documentation methods, and descriptive analysis using documentation records as the instruments. The result shows that the implementation of P5P2RA at MTsN 1 Kota Tangerang fulfilled the principles of P5P2RA implementation: holistic, contextual, student-oriented, explorative, togetherness, diversity, independence, usefulness, and religiosity. This project also has a positive impact on the achievement of the students of MTsN 1 Kota Tangerang, who have not only Pancasila Students’ profiles but also Rahmatan lil Alamin student’s profiles, who can think critically and creatively and can give peacefulness, and happiness feelings, also safety among human beings, and other Allah creatures to create a fun learning situation.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis kesesuaian pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin(P5P2RA ) di MTsN 1 Kota Tangerang dengan prinsip pelaksanaan dan dampaknya terhadap perilaku peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan responden yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi serta analisis deskriptif, dengan instrumen berupa catatan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) di MTsN 1 Kota Tangerang sudah memenuhi prinsip penerapan P5P2RA yaitu holistik, kontekstual, berorientasi pada peserta didik, eksploratif, kebersamaan, keberagaman, kemandirian, kebermanfaatan dan religius. Program ini juga memberikan dampak positif terhadap pencapaian peserta didik MTsN 1 Kota Tangerang sebagai pelajar Pancasila yang Rahmatan lil Alamin mengajak untuk memberikan kedamaian, kebahagiaan dan keselamatan untuk sesama manusia serta semua makhluk ciptaan Allah Swt Tuhan yang maha esa, bernalar kritis, kreatif, serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Downloads
References
Chaterine, R. N. (2022). Nadiem Ganti Nama Kurikulum Protipe Jadi Kurikulum Merdeka, Mulai Berlaku Tahun Ajaran 2022/2023. Kompas.Com, 1.
Surat Keputusan Mengenai Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka TP 2022/2023, Pub. L. No. B-1775/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/07/2022, Surat Keputusan 1 (2022).
Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1570–1575. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1612
Kemdikbudristek. (2022). Kepmen No 262 Perubahan 56 Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.
Kemenag. (2022a). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmana Lil Alamin.
Kemenag. (2022b). Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. In Jakarta (Issue Implementasi Kurikulum Merdeka).
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).
Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Pustaka Baru Press.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.