PENERAPAN PENDEKATAN DILEMMA STORY PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Authors

  • Iwan Setiadi MA Al Wathoniyah 43 Jakarta Utara

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.255

Keywords:

dilemma story, model pembelajaran, statistika, think pair share, transformasi pembelajaran

Abstract

Abstract

One focus of 21st-century education is character education. This kind of education requires changes in learning approaches. One approach can be used is the dilemma story and the think pair share learning model. This research aims to describe the application of the dilemma story approach to statistical material through the think pair share learning model and the constructive values that develop in students. The research method used is descriptive quantitative. The instruments used consisted of assignments, questionnaires, and interview guidelines. The research subjects were 21 students of grade XII at MA Al-Wathoniyah 43 North Jakarta. The results are: 1) the application of the dilemma story approach to statistics material provides different experiences for students; 2) Applying the dilemma story approach with the think pair share model fosters constructive values in the learning environment, namely deep involvement, working together, communication, empathy, reflective thinking, and critical thinking in the high category. Besides, students have a sense of social awareness and have carriage to express ideas.

 

Abstrak

Salah satu fokus pada pendidikan abad 21 adalah Pendidikan karakter. Pendidikan tersebut menuntut adanya perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah dilemma story dan model pembelajaran think pair share. Pendekatan dan model tersebut perlu diteliti efektivitasnya. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan dilemma story pada materi statistika melalui model pembelajaran think pair share; 2) mendeskripsikan nilai-nilai konstruktif yang berkembang pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan terdiri dari tugas, angket dan pedoman wawancara. Subjek penelitian sejumlah 21 orang siswa kelas XII MA Al Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Hasilnya adalah: 1) penerapan pendekatan dilemma story pada materi statistika dengan model pembelajaran think pair share memberikan pengalaman berbeda kepada siswa; 2) Penerapan pendekatan dilemma story dengan model think pair share menumbuhkan nilai konstruktif pada lingkungan pembelajaran, yaitu keterlibatan mendalam, bekerja sama, komunikasi, empati, berpikir reflektif, dan berpikir kritis dengan kategori tinggi. Selain itu siswa memiliki rasa kepedulian sosial dan menjadi berani untuk mengemukakan pendapat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, W., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 520–531. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2431

Dewi, I. S., & Mariana, N. (2020). Literasi Zakat Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Melalui Dilemma Story Pedagogy. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 767–778. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35817

Dewi, I. S., Mariana, N., & Ekawati, R. (2023). Transformasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Dilemma Story Pedagogy. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 566–579. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2522

Elfrida, E., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2017). Studi Pendekatan Dilemmas Stories pada Materi Hidrolisis Garam dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 91–100. https://doi.org/10.21009/JRPK.072.02

Hidayah, N., Sulasmono, B. S., Widyanti, E., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3(1), 34–39. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.759

Khaesarani, I. R., & Hasibuan, E. K. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 37–49. https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.38716

Pradana, O. R. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 415–420.

Rahmawati, Y. (2018). Peranan Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.01 Peranan

Rahmawati, Y., Taylor, E., Taylor, C. P., & Koul, R. (2020). Student Empowerment in a Constructivist Values Learning Environment For a Healthy and Sustainable World. Learning Environments Research, 24, 451–468. https://doi.org/10.1007/s10984-020-09336-9

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7–21. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221

Setiadi, I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Efikasi Diri Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball-throwing. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 145–158. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.145-158

Tasya, A. S., Nurjanah, & Ahmatika, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter Percaya Diri. Perisai: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 235–247. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.287

Tasya, M. A., Tahir, M., Indraswati, D., & Witono, A. H. (2023). Pendidikan Karakter Anak dalam Buku Cerita Anak Domba yang Nakal Kelas IV. Jurnal Educatio, 9(2), 623–629. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4582

Taylor, E., Taylor, P. C., & Chow, M. (2013). Diverse, Disengaged and Reactive: A Teacher’s Adaptation of Ethical Dilemma Story Pedagogy As a Strategy To Re-Engage Learners in Education for Sustainability. In Science Education for Diversity: Theory and Practice (Issue 2013, pp. 97–117). Springer Netherlands. https://doi.org//10.1007/978-94-007-4563-6_6

Widyastuti, R. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Dalam Mengantisipasi Paham Radikal dan Intoleran di Sekolah. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 187–201. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.104

Zuriati, E. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jurnal Etika Demokrasi PPKn, 4(1), 47–51. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.2022

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Setiadi, I. . (2023). PENERAPAN PENDEKATAN DILEMMA STORY PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(2), 247 - 261. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.255