HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII MTSN 13 JAKARTA

Authors

  • Maryani Maryani MTs. Negeri 13 JAKARTA
  • Nani Solihati Uhamka Jakarta, Indonesia
  • Imam Syafii Uhamka Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.154

Keywords:

motivasi berprestasi, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan menulis teks cerita fantasi

Abstract

Abstract

This research aims to explain the relationship between achievement motivation and creative thinking ability with the skills of writing fantasy story texts for seventh-grade students of MTSN 13 Jakarta. The researcher conducted the research with research subjects, namely class VII I MTSN 13 Jakarta, with a total of 32 students. This research is a quantitative research using the correlation method. The research problems are 1) is there a positive relationship between students' achievement motivation (X1) and writing fantasy story text skills (Y); 2) is there a positive relationship between creative thinking ability (X2) and fantasy story writing skills (Y); 3) is there a positive relationship between students' achievement motivation (X1) and creative thinking ability (X2) together with writing fantasy story text skills (Y). The results of the study can be described as follows: 1) there is a positive relationship between students' achievement motivation (X1) and writing text fantasy story skills (Y). This statement can be seen from the significance level of 0.05; it is obtained that the t count is 5.122 > t table is 1.697. 2) There is a positive relationship between creative thinking ability (X2) and writing fantasy story text skills (Y). This statement can be seen from the significance level of 0.05; it is obtained that count is 4.911 > t table is 1.697. 3) There is a positive relationship between students' achievement motivation (X1) and creative thinking ability (X2), together with writing fantasy story text skills (Y). This statement can be seen from the significant level of 0.05 obtained from F count 18.373 > F table 3.32.

 

Abstrak

Permasalahan yang diteliti yaitu hubungan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antaramotivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kreatif   dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTSN 13 Jakarta. Penelitian dilakukan dengan subjek penelitian yaitu kelas VII I MTSN 13 Jakarta dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) terdapat hubungan yang positifantara motivasi berprestasi siswa (X1) dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y). Pernyataan ini dapat dilihat dari taraf sifnifikan 0,05 diperoleh t hitung 5.122 > t tabel 1.697. 2) Ada hubungan yangpositif antara kemampuan berpikir kreatif (X2) dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y). Pernyataan ini dapat dilihat dari taraf sifnifikan 0,05 diperoleh t hitung 4.911 > t tabel 1.697. 3) Ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dan kemampuan berpikir kreatif (X2) secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y). Pernyataan ini dapat dilihat daritaraf sifnifikan 0,05 diperoleh F hitung 18.373 > F tabel 3.32. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks cerita fantasi dipengaruhi oleh motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, K. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dan flow akademik. Calyptra, 2(1), 1–12.

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 828. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13639

Francsy. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Kata dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Bahasa Inggris. Jurnal Sosioreligi, 15(1), 46–53.

Ghasemi, F., Rastegar, A., Jahromi, R. G., & Marvdashti, R. R. (2011). The relationship between creativity and achievement motivation with high school students’ entrepreneurship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 1291–1296. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.250

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Gaung Persada Press.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 3(1), 100–106.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja.

Mahsun. (2014). Teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Raja Grafindo Persada.

Mardiah, M., Refdinal, R., & Ridwan, R. (2018). KORELASI KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN, 1(2), 67–74. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1223

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. (IX). Gadjah Mada University Press.

Partiningsih, S. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konjungsi dengan Kemampuan Menulis Narasi. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 57. https://doi.org/10.36451/j.isip.v15i1.14

Resti, S. N. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa. Universitas Negeri Jakarta.

Rhosalia, L. A. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS NARATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 166. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p166-174

Siswanto, W., & Ariani, D. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. IKAPI.

Stefani, R. E. N. (2013). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial (Ips) Siswa.

Sukardi, E. (2012). Pembelajaran Menulis. Uhamka Press.

Suparwadi, & Sahrandi, A. (2021). MENGENAL KONSEP DANIEL GOLEMAN DAN PEMIKIRANNYA DALAM KECERDASAN EMOSI. Al Musyrif: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 17–36.

Uloli, R., Prabowo, & Prastowo, T. (2016). Kajian Konseptual Proses Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek) Ke-1.

Uno, B. H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Wahyudi. (2010). MEMAHAMI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA Oleh Wahyudi (IP, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak).

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII MTSN 13 JAKARTA

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Maryani, M., Solihati, N., & Syafii, I. (2022). HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII MTSN 13 JAKARTA. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 163 - 179. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.154