PENDIDIKAN KESETARAAN GENDER DI PONDOK PESANTREN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN PERADABAN BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.162Keywords:
pendidikan, kesetaraan gender, pondok pesantrenAbstract
Abstract
This paper aims to describe the notion of gender equality and how gender equality learning can be done in Islamic boarding schools. This study uses a qualitative descriptive analysis method by collecting data from various sources such as scientific journals, websites, and books related to the discourse of gender equality education in Islamic boarding schools. The results showed that; 1) The definition of gender equality education in Islamic boarding schools is the teaching and learning process in an informal Islamic religious institution by ustad/ustadzah discussing in detail the equality of positions between men and women to have equal opportunities in the community 2) Islamic boarding schools can apply gender equality education as follows; First, the Islamic boarding school curriculum must be adapted to the changing times. Second, changing the mindset of female students as being tough, not inferior. Third, explore self-potential by encouraging female students to instil a thirst for knowledge. Fourth, promote the activeness of female students to go directly into the social, political and community spheres. With the pattern of gender equality education in Islamic boarding schools, it is expected to positively impact graduates who have good moral character, are independent, and have achievements. In addition, the existence of this educational concept makes it an opportunity for female students to explore more in improving their soft and hard skills to achieve the progress of the nation and state.
Abstrak
Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan pengertian kesetaraan gender dan bagaimana pembelajaran kesetaraan gender yang dapat dilakukan di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yakni dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, website, dan buku terkait wacana pendidikan kesetaraan gender di pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pengertian pendidikan kesetaraan gender di pondok pesantren adalah proses belajar mengajar di suatu lembaga informal agama islam oleh ustad/ustadzah membahas secara detail mengenai persamaan kedudukan antara laki-laki dan perempuan agar memiliki peluang yang setara di lingkungan masyarakat 2) Pondok pesantren dapat menerapkan pendidikan kesetaraan gender sebagai berikut: Pertama, Kurikulum pondok pesantren harus disesuaikan dengan perubahan zaman. Kedua, Mengubah pola pikir santriwati sebagai makhluk yang tangguh bukan inferior. Ketiga, Menggali potensi diri dengan mendorong santriwati untuk menanamkan jiwa yang haus akan ilmu pengetahuan. Keempat, Mendorong keaktifan santriwati untuk terjun langsung ke ranah sosial, politik dan masyarakat. Adanya pola pendidikan kesetaraan gender dapat menjadi ajang bagi santriwati untuk lebih berekplorasi dalam meningkatkan softskill dan hardskill yang mereka miliki guna mencapai kemajuan bangsa dan negara.
Downloads
References
Archer, J., & Lloyd, B. (2002). Sex and Gender. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139051910
Astuti, S. A., Astuti, A., Jurai, S., & Metro, S. (2014). Pesantren dan Globalisasi. In Jurnal Tarbawiyah (Vol. 11).
Fadhilatus, B., Nafisah, W., Mukmina, M. Z., Cholid, S. A., & Prayoga, T. A. (2021). IMPLEMENTASI KEADILAN GENDER DI PONDOK PESANTREN SABILURROSYAD KOTA MALANG. In Jurnal Sosiologi Reflektif (Vol. 16, Issue 1).
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Haslita, R., Samin, R., Kurnianingsih, F., Okparizan, O., Subiyakto, R., Elyta, R., Anggraini, R., Muhazinar, M., & Ardiansya, A. (2021). Implementasi Kebijakan pada Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. Takzim : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 81–86. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v1i1.3845
Kasmawati, A., Perlindungan, /, Perempuan, H., Persfektif, D., & Gender, K. (2017). PERLINDUNGAN HAK PEREMPUAN DALAM PERSFEKTIF KEADILAN GENDER. Seminar Nasional LP2M UNM. https://ninanurmilah.wordpress.com/2013/12/11/peremp
Khairani, D. R. (2018). STUDI TENTANG KESETARAAN GENDER DALAM BERBAGAI ASPEK Tugas artikel View project. https://www.researchgate.net/publication/329554835
Ma’ruf Ch, M. (2009). Membendung Gerakan Feminisme, Mencari Perspektif Islam. At-Ta’dib, 4(1).
Muafiah, E. M. (2013). Pendidikan Perempuan di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/
Mubarok, A. Z. (2019). Model pendekatan pendidikan karakter di pesantren terpadu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 134. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1680
Mursidah, S. (2020). KESETARAAN GENDER DI PONDOK PESANTREN.
Rifa’ah, S. (2016). Konstruksi Sosial Tentang Kekerasan Pada Santriwati Yang Ada Di Pondok Pesantren Salafi (MQ) di Blitar. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA, 5(1).
Sumaryati. (2018). KEADILAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN Sumaryati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Lampung. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 02(2).
Ulum, B., & Fairuz, N. (2021). KEPEMIMPINAN WANITA SEBAGAI GERAKAN EMANSIPASI BERBASIS GENDER AWARNESS DI PONDOK PESANTREN. Salwatuna, 1(1).
Wahyudin. (2017). IMPLEMENTASI NILAI KESETARAAN JENDER DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Ushuluddin Media Dialog Pemikiran Islam, 21(2).
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA , 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
Zahara, V., Indria Liestyasari, S., & Nurhadi. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ADIL GENDER DI PONDOK PESANTREN AL-MUAYYAD SURAKARTA. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2).
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.