EVALUASI PASCA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR (PKA)

Authors

  • Selly Anastassia Amellia Kharis Universitas Terbuka
  • Laity Qonitah Balai Diklat Keagamaan Jakarta
  • Edward Zubir Universitas Terbuka
  • Melisa Arisanty Universitas Terbuka
  • Anton Robiansyah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v5i1.275

Keywords:

evaluasi, pelatihan, kepemimpinan

Abstract

Abstract

Assessing performance emerges as a vital component within the management continuum, serving as a means to improve the future quality and efficacy of training initiatives. This study seeks to appraise the leadership training. The evaluation approach includes assessments from various perspectives, encompassing participant evaluation, trainer evaluation, implementation evaluation, encompassing participant evaluation, trainer evaluation, implementation evaluation, and post-training evaluation. The research method used is a mixed method that combines quantitative and qualitative approaches. The evaluation process is conducted on alumni and mentors (direct supervisors of alumni) of the Leadership Training for Administrators (PKA) held 12 months after the PKA concludes. The evaluation involves the distribution of online questionnaires and conducting direct interviews with alumni and mentors, utilizing simple random sampling, resulting in a total of 34 alumni and 14 PKA mentors. The average score of alumni for the progress of change actions is 4.46, which falls into the very good category. The average score of mentors for the progress of change actions is 4.57, which also falls into the very good category. Through this evaluation, it is expected that the direction of policies embedded in various programs and activities can be implemented accurately and correctly to support the achievement of organizational goals in realizing a world-class bureaucracy in government agencies.

Abstrak

Evaluasi adalah salah satu elemen yang memiliki signifikansi tinggi dalam rangkaian proses manajemen sebagai upaya dalam peningkatan kualitas dan efektivitas pelatihan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pelatihan kepemimpinan administrator. Pendekatan evaluasi mencakup penilaian dari berbagai sudut pandang, termasuk evaluasi peserta, evaluasi tenaga pelatihan, evaluasi penyelenggaraan, dan evaluasi pasca pelatihan. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Proses evaluasi dilakukan kepada alumni dan mentor (atasan langsung alumni) Pelatihan Kepemimpinan Administrastor (PKA) yang dilaksanakan setelah 12 bulan sejak PKA berakhir. Evaluasi dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online dan melakukan wawancara secara langsung kepada alumni dan mentor. Pemilihan sampel dilakukan secara acak menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 34 alumni dan 14 mentor PKA. Rata-rata dari skor alumni dari perkembangan aksi perubahan adalah 4,46 yang termasuk kategori sangat baik. Rata-rata dari skor mentor dari perkembangan aksi perubahan adalah 4,57 yang termasuk kategori sangat baik.  Melalui evaluasi ini diharapkan arah kebijakan yang telah dituangkan ke dalam berbagai program dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan tepat dan benar untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi guna mewujudkan world class bureaucracy pada instansi-instansi pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrulla, Jailani, Ms., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Dedi Restendi, Firman Nugraha, & Agus Trianto. (2020). Pengembangan Sistem Pelatihan Jarak Jauh Berbasis Moodle di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(2), 540–552. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.166

Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur Kreatifitas dan Kualitas Pemograman pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan dengan Simulasi Robot. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.419

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927

Hidayat, T. (2022). Manajemen Coaching dan Mentoring dalam Pengelolaan Aksi Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/

Ismail Pane, Vidya Avianti Hadju, Lilis Maghfuroh, Hairil Akbar, Rotua Suriany Simamora, Zubaedah Wiji Lestari, Aulia Puspaning Galih, Pikir Wisnu Wijayanto, Waluyo, Uslan, & Ulfa Aulia. (2021). Desain Penelitian Mixed Method (Nanda Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kharis, S. A. A., Qonitah, L., & Kusriyah, S. (2023). Pengukuran Terhadap Pelatihan Klasikal dan Jarak Jauh di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 11(2), 131–140. https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i2.315

Kristiyanti, M. (2012). Peran Indikator Kinerja Dalam Mengukur Kinerja Manajemen.

Mawardi, S., Sugiarti, E., & Anwar, S. (2021). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Dan Manajemen Organisasi Bina Remaja. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.37481

Nani Fitriani. (2020). Efektivitas Pelatihan Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (Ktr) Dan Konseling Upaya Berhenti Merokok (UBM) Pada Tenaga Kesehatan. MEDIA BINA ILMIAH, 15(5), 4523–4528.

Neneng Hayati, & Erwin Yulianto. (2021). Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Journal Civics and Social Studies, 5(1), 98–115.

Rohaini, R. A., Hidayat, N., & Sutisna, E. (2019). Evaluasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil dalam Mendukung Terwujudnya Sumberdaya Manusia Profesional Berkarakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1).

Salistia Budi, Y., Wardaningsih, S., & Afandi, M. (2016). Pengaruh Situasional terhadap Kecemasan Mahasiswa Program Studi D III Keperawatan Menghadapi Ujian Skill Laboratorium: Studi Mixed Methods. Indonesian Journal of Nursing Practices, 1(1). https://doi.org/10.18196/ijnp.1151

Susanty, Y. (2022). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 25(2), 143. https://doi.org/10.31845/jwk.v25i2.760

Syarifa, R., Rahmawati, L., Andini, P. F., Simanjuntak, M., & Anggraini, A. M. T. (2022). Menyelisik Isu Perlindungan Konsumen pada Klausula Eksonerasi di Sektor Jasa Keuangan dan Retail dengan Pendekatan Mixed Methods. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 15(2), 178–191. https://doi.org/10.24156/jikk.2022.15.2.178

Widyastuti, U., & Purwana, D. (2015). Evaluasi Pelatihan (Training) Level Ii Berdasarkan Teori The Four Levels Kirkpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 2302–2663. https://doi.org/10.21009/JPEB

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

EVALUASI PASCA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR (PKA). (2024). Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 5(1), 102-117. https://doi.org/10.53800/wawasan.v5i1.275

Similar Articles

21-30 of 32

You may also start an advanced similarity search for this article.