METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LIRIK LAGU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI AGAMA MAN 4 DKI JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Halimatussadiyah Halimatussadiyah MAN 4 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.211

Keywords:

Membaca, Diskusi Kelompok, penelitian tindakan kelas

Abstract

Abstract

Reading is one of the language skills that students must master. This skill is critical to master, considering that the majority of references in this world are in the form of written text. Students in class XI Religion MAN 4 Jakarta have a low level of reading competence, so they need action to improve their competence. Using the Kemmis and Mctaggart Classroom Action Research pattern, the group discussion method was chosen as a learning method that is expected to assist students in reading song lyrics with high theoretical complexity. PTK was carried out in three cycles of six meetings and used data collection methods using observation, literature study, and test. The data interpretation results show that the group discussion method needs to be more effective in improving competence in reading song lyrics.

 

Abstrak

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan ini sangat penting dikuasai mengingat mayoritas referensi yang ada di dunia ini berbentuk teks tulis. Peserta didik di kelas XI Agama MAN 4 Jakarta memiliki tingkat kompetensi membaca yang rendah sehingga membutuhkan tindakan untuk meningkatkan kompetensi mereka. Dengan menggunakan pola Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mctaggart metode diskusi kelompok dipilih sebagai metode belajar yang diharapkan mampu membantu peserta didik dalam membaca lirik lagu yang memiliki kompleksitas teori yang tinggi. PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari enam kali pertemuan ini menggunakan metode pengambilan data dengan cara observasi, studi pustaka dan tes. Hasil interpretasi data menunjukkan metode diskusi kelompok tidak cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi membaca lirik lagu.



Downloads

Download data is not yet available.

References

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Admin. (2020, December Tuesday). Tips Pintar. Retrieved from Kelas Pintar: https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/memahami-pesan-dalam-lirik-lagu-song-lyrics-8709/

Admin Semiva. (2020, October Wednesday). Berita. Retrieved from SEVIMA: https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo.

Somadoyo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djajadisastra, J. (1982). Metode-Metode Mengajar. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Harmer, J. (2008). How to Taech English. ELT Journal, 313-316.

Kharti, I. S. (2018, Juni Senin). Ruang Guru. Retrieved from Konsep dan Tips Pelajaran: https://www.ruangguru.com/blog/belajar-bahasa-inggris-lewat-lagu

Iskandarwassid, & Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Sudirman. (1992). ilmu Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Bunguin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Loleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Loleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sandi, I. R. (2022, Juni Jum'at). Kompas.com. Retrieved from Pintar: https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/10/140000069/lagu-song-pengertian-struktur-dan-kebahasaannya?page=all

Sudarwati, T., & Grace, E. (2015). Pathway To English. Jakarta: Erlangga.

Abidin, Y. (2012). Pembelejaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudiyono. (2021). Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Indramayu: Adab.

Admin. (2015, - -). Matra Pendidikan. Retrieved from PBM: https://www.matrapendidikan.com/2015/05/metode-diskusi-kelompok-pembelajaran.html

Admin. (2021, Desember Rabu). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from -: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Admin. (2016, - -). KBBI Daring. Retrieved from Cari: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daftar%20pustaka

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Admin. (2018, Oktober Rabu). IDN Times. Retrieved from Life: https://www.idntimes.com/life/education/dita-3/7-tips-efektif-untuk-belajar-bahasa-inggris-lewat-lagu-c1c2?page=all

Admin. (2020, Desember Kamis). Kelas Pintar. Retrieved from Tips Pintar: https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/memahami-pesan-dalam-lirik-lagu-song-lyrics-8709/

METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LIRIK LAGU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI AGAMA MAN 4 DKI JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Halimatussadiyah, H. (2022). METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LIRIK LAGU DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI AGAMA MAN 4 DKI JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 263 - 280. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.211