ANALISIS KESULITAN PESERTA DALAM MENYUSUN PROPOSAL PTK PADA DJJ PTK BAGI GURU MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • Marina Setiawati Balai Diklat Keagamaan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v1i2.54

Keywords:

Tindakan kelas, Diklat Jarak Jauh, Penelitian

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta Diklat Jarak Jauh Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTs dalam menyusun proposal PTK di BDK Jakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta DJJ PTK bagi Guru MTs. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan pada proses DJJ PTK bagi guru MTs di BDK Jakarta sejak bulan September s.d November 2016. Hasil pengamatan mengenai kesulitan peserta DJJ PTK dalam menyusun proposal PTK yaitu pada penyusunan bab I,  kesulitan terbanyak pada perumusan masalah dan tujuan penelitian. Pada penyusunan bab II ditemukan kesulitan terbesar pada penyusunan sistematika kajian pustaka, mencari referensi, dan perumusan kerangka berpikir. Pada penyusunan bab III kesulitan terbesar pada penyusunan prosedur penelitian dan indikator keberhasilan. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya referensi yang dibaca oleh guru karena kurang fasilitas atau masih kurang membaca referensi baik bahan ajar yang sudah disajikan di web DJJ maupun buku-buku lain, atau peserta kurang memahami apa yang sudah dibacanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marina Setiawati, Balai Diklat Keagamaan Jakarta

Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Jakarta

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dabbagh, N. (2005). Online Learning: Concept, Strategies and Aplication . New Jersey: Pearson Education.

Horton, W. (2006). e-Learning by Design. San Francisco: Pfeiffer.

Kara, M., Erdogu, F., Kokoc, M., & Cagiltay, K. (2019). Challenges Faced by Adult Learners in Online Distance Education: A Literature Review. Open Praxis, 5-22.

Kemdikbud. (2010, Mei 6). Permendikbud Nomor 35 tahun 2010. Petunjunk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan ANgka Kreditnya. Jakarta, Indnesia: Kemdikbud dan BKN.

Kemdikbud. (2016). Panduan PKB. Jakarta: Kemdikbud.

Naidhu. (2006). E-Learning: A Guidebook of Priciples, Procedures and Practices. Melbourne: Commonweath Education Media Center for Asia.

Ng, H. Z., & Baharom, S. S. (2018). An Analysis on Adult Learners’ Satisfaction in . International Journal of Interactive Mobile Technology, 70-85.

O'Grady, G., Yew, E. H., Goh, K. P., & Sshmidth, H. (2012). One-Day, One-Problem. New York : Springer.

Pappas, C. (2018, Februari 2). Instructional Design. Retrieved from eLearning Industry: 2018

Pozdnyakova, O., & Pozdnyakova, A. (2016). Adult Students’ Problems in the Distance Learning. 6th Conference on Reliability and Statistics in Transportation and Communication, RelStat’2016, 19-22 October, 2016, Riga, Latvia (pp. 243-248). Riga: Science Direct.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Setiawati, M. (2022). ANALISIS KESULITAN PESERTA DALAM MENYUSUN PROPOSAL PTK PADA DJJ PTK BAGI GURU MADRASAH TSANAWIYAH . Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 1(1), 70-80. https://doi.org/10.53800/wawasan.v1i2.54