FACEBOOK SOLUSI KREATIF MEDIA PARENTING JARAK JAUH DI RAUDHATUL ATHFAL
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.116Keywords:
Raudhatul Athfal, parenting, facebookAbstract
Abstract
In Raudhatul Athfal the role of the family is still very dominant. In this context, there is an interaction between the family and the teachers. Parenting is a method to build the interaction between them. The purpose of this study was to determine the impact Facebook as a parenting media in Raudhatul Athfal (RA). The research is descriptive qualitative. The results showed that Facebook had not been used effectively as a parenting media at the Raudhatul Athfal. It is recommended to improve quality of activity, utilizing features more properly, improving content and follow-up activities with offline activity.
Abstrak
Pada proses pendidikan di Raudhatul Athfal peran keluarga masih sangat dominan disbanding dengan tingkat pendidikan berikutnya. Pada konteks ini terjadi interaksi antara keluarga dengan guru. Parenting adalah upaya yang dapat menjembatani interaksi keduanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak pemanfaatan Facebook sebagai media parenting di Raudhatul Athfal (RA). Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook belum dimanfaatkan sebagai media parenting di lembaga Raudhatul Athfal lakasi penelitian. Direkomendasikan agar optimalisasi pemanfaatan Facebook sebagai media parenting di bisa dilakukan melalui perbaikan pola kegiatan, pemanfaatan fitur, perbaikan konten dan tindak ditambahkan kegiatan tindak lanjut berupa parenting offline.
Downloads
References
Anita Rahman, S. (2020). Penguatan Peran Orang Tua Dalam Mendapingi Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(02), 322–331. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2520
Fransiska. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus Pada Anak Usia 5-6 Tahun ). DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Ismaniar, Utoyo,Setiyo. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid-19. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(September), 147–157.
Juliyani, A. (2020). Kemenag Bagikan Kuota Gratis Mulai Hari ini cek Siapa Saja yang Berhak Mendapatkannya. https://bekasi.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-121045530/kemenag-bagikan-kuota-gratis-mulai-hari-ini-cek-siapa-saja-yang-berhak-mendapatkannya
Kota, S. (2012). Apa itu Group di Facebook dan Aplikasi Fitur di dalamnya. Semarangkota.Com. http://semarangkota.com/04/apa-itu-group-Facebook/
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806
Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310
Tabi, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 190–200. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145.
Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.