FACEBOOK SOLUSI KREATIF MEDIA PARENTING JARAK JAUH DI RAUDHATUL ATHFAL

Authors

  • Robi'ah Ummi Kulsum balai diklat keagamaan jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.116

Keywords:

Raudhatul Athfal, parenting, facebook

Abstract

 Abstract

In Raudhatul Athfal the role of the family is still very dominant. In this context, there is an interaction between the family and the teachers. Parenting is a method to build the interaction between them. The purpose of this study was to determine the impact Facebook as a parenting media in Raudhatul Athfal (RA). The research is descriptive qualitative. The results showed that Facebook had not been used effectively as a parenting media at the Raudhatul Athfal. It is recommended to improve quality of activity, utilizing features more properly, improving content and follow-up activities with offline activity.

 

Abstrak

Pada proses pendidikan di Raudhatul Athfal peran keluarga masih sangat dominan disbanding dengan tingkat pendidikan berikutnya. Pada konteks ini terjadi interaksi antara keluarga dengan guru. Parenting adalah upaya yang dapat menjembatani interaksi keduanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak pemanfaatan Facebook sebagai media parenting di Raudhatul Athfal (RA). Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook belum dimanfaatkan sebagai media parenting di lembaga Raudhatul Athfal lakasi penelitian. Direkomendasikan agar optimalisasi pemanfaatan Facebook sebagai media parenting di bisa dilakukan melalui perbaikan pola kegiatan, pemanfaatan fitur, perbaikan konten dan tindak ditambahkan kegiatan tindak lanjut berupa parenting offline.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Rahman, S. (2020). Penguatan Peran Orang Tua Dalam Mendapingi Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(02), 322–331. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2520

Fransiska. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus Pada Anak Usia 5-6 Tahun ). DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Ismaniar, Utoyo,Setiyo. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid-19. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(September), 147–157.

Juliyani, A. (2020). Kemenag Bagikan Kuota Gratis Mulai Hari ini cek Siapa Saja yang Berhak Mendapatkannya. https://bekasi.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-121045530/kemenag-bagikan-kuota-gratis-mulai-hari-ini-cek-siapa-saja-yang-berhak-mendapatkannya

Kota, S. (2012). Apa itu Group di Facebook dan Aplikasi Fitur di dalamnya. Semarangkota.Com. http://semarangkota.com/04/apa-itu-group-Facebook/

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Tabi, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 190–200. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145.

Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Kulsum, R. U. (2022). FACEBOOK SOLUSI KREATIF MEDIA PARENTING JARAK JAUH DI RAUDHATUL ATHFAL. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 111-120. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.116