PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH ULUMUL HADIS

Authors

  • Atika Rofiqatul Maula UIN Sunan Kalijaga
  • Muqowim Muqowim UIN Sunan Kalijaga
  • Siti Khodijah Nurul Aula UIN Sunan Kalijaga
  • Haqan Ridhaeva UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.250

Keywords:

WhatsApp group, media pembelajaran, Ulumul Hadis

Abstract

Abstract

WhatsApp is one of the most practical social media. The ease of use and completeness of features of the application can be used as a learning media at various levels of education, including lectures. This research examines student satisfaction with the WhatsApp Group (WAG) use as learning media in the Ulumul Hadith course. This type of research is quantitative descriptive. Data was obtained from a survey distributed to 73 students using Google Forms. The survey found that 94.5% of students stated that Ulumul Hadith's lectures using WAG media are elementary to follow, and 84.9% answered that using WAG as a learning medium increased student motivation. Furthermore, the survey finds that 63% of students are "Satisfied," 34.2% are "Slightly Satisfied," and 2.7% are "Not Satisfied." The research recommends three things for WhatsApp use. Firstly, firmness of learning flow; secondly, lecture attendance rule and active participation.

Abstrak

Aplikasi WhatsApp merupakan salah satu media sosial paling praktis. Kemudahan akses dan fitur yang tersedia pada aplikasi WhatsApp dapat digunakan sebagai media belajar untuk berbagai tingkatan Pendidikan termasuk dalam perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepuasan mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi WhatsApp Group sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Ulumul Hadis. Adapun jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari survei yang disebarkan kepada 73 mahasiswa menggunakan aplikasi Google Form. Berdasarkan hasil survei, ditemukan bahwa sebanyak 94,5% menyatakan bahwa perkuliahan Ulumul Hadis menggunakan media WAG sangat memudahkan mahasiswa, sebanyak 84,9% menjawab penggunaan WAG sebagai media pembelajaran meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mempelajari hadis. Selanjutnya untuk kepuasan media pembelajaran dengan WAG, sebanyak 63% menjawab “Puas”, 34,2% menjawab “Tidak Puas” dan 2,7% menjawab “Kurang Puas”. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran, yaitu alur perkuliahan, ketentuan mengikuti perkuliahan dan partisipasi aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, I. (2018). Digital learning process in the age of the industrial revolution 4. 0 era technology disruptions. Ministry of Research, Technology and Higher Education, 1–13.

Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.

Ayuningtyas, P. (2018). Whatsapp: Learning on the go. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(2), 159–170.

Bouhnik, D., Deshen, M., & Gan, R. (2014). WhatsApp goes to school: Mobile instant messaging between teachers and students. Journal of Information Technology Education: Research, 13(1), 217–231.

Boyinbode, O. K., Agbonifo, O. C., & Ogundare, A. (2017). Supporting mobile learning with WhatsApp based on media richness. Circulation in Computer Science, 2(3), 37–46.

Dahdal, S. (2020). Using the WhatsApp social media application for active learning. Journal of Educational Technology Systems, 49(2), 239–249.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

Dewantara, J. A., Efriani, E., Sulistyarini, S., & Prasetiyo, W. H. (2020). Optimization of Character Education Through Community Participation Around The School Environment (Case Study in Lab School Junior High School Bandung). JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 53–66.

Djunadi Ghony, M., & Almanshur, F. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: Ar-ruzz Media.

Efriani, E., Dewantara, J. A., & Afandi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 61–65.

Fauziyah, N. L. (2021). Pembelajaran Daring Ulumul Hadits: Respon Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Nilai Akhir Semester. Alim, 3(2), 185–196.

Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of e-learning through WhatsApp as a teaching learning tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19–25.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Salda�a, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.

Montag, C., B aszkiewicz, K., Sariyska, R., Lachmann, B., Andone, I., Trendafilov, B., Eibes, M., & Markowetz, A. (2015). Smartphone usage in the 21st century: who is active on WhatsApp? BMC Research Notes, 8(1), 1–6.

Munir, S., Erlinda, R., Putra, H. E., & Afrinursalim, H. (2021). WHATSAPP AS A LEARNING TOOL DURING COVID-19 PANDEMIC: ADVANTAGES AND DISADVANTAGES. International Journal of Educational Best Practices, 5(2), 168–182.

Nasir, M. F. A., & Prastowo, A. (2021). Pemanfaatan WhatsApp Group (WAG) sebagai Instrumen Penilaian Sikap Siswa MI Al-Islah Jepara di Masa Pandemi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 105–120.

Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan kepada peserta didik paket B Uptd Spnf Skb Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(3), 131–138.

Panasiah, S. E., & Fajri, M. (2023). Analisis Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Ulumul Hadis pada Program Studi Ekonomi Syariah di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samrainda (Meninjau Ekspektasi Mahasiswa). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 307–321.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62.

Rifqiyati, R., Andriyani, L., Fitrijantio, A., & Handayani, F. (2020). Efektifitas Pembelajaran Islam Melalui Whassap Group. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

Rosenberg, H., & Asterhan, C. S. C. (2018). �WhatsApp, Teacher?�-Student Perspectives on Teacher-Student WhatsApp Interactions in Secondary Schools. Journal of Information Technology Education: Research, 17, 205–226.

Sahu, M. S. (2014). An analysis of WhatsApp forensics in android smartphones. International Journal of Engineering Research, 3(5), 349–350.

Sakkir, G., Dollah, S., & Ahmad, J. (2020). Favorite E-Learning Media in Pandemic Covid-19 Era. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 480–485.

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191.

Sholekah, D. D., & Wahyuni, S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 50–60.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. ALFABETA.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Utami, S., & Utami, P. (2020). Peningkatan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Teknik Audio Video di Masa Pandemi Covid-19 dengan WhatsApp Group. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(1), 75–88.

Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1), 154–165.

PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH ULUMUL HADIS

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH ULUMUL HADIS. (2023). Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(2), 262-274. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.250