MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN JUTAAN LAMPU
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.240Keywords:
Langkah Jutaan Lampu, Teks Prosedur, hasil belajar siswaAbstract
Abstract
This article describes the implementation Jutaan Lampu learning path. Jutaan Lampu is an acronym for judul (title), tujuan (objectives), alat dan bahan (tools and materials), langkah (steps), and kesimpulan (conclusions). The learning path is a simple procedure that was formulated to help students remember the right steps in writing procedural texts. The research uses a mixed research method with a sequential explanatory pattern. Research was conducted on online learning for the 2020-2021 Covid-19 pandemic in classes VII-7 and VII-8 MTs Negeri 5 Jakarta. The research results show that firstly, students feel education is more accessible. Secondly, there was an increase in student learning activity during online learning; and thirdly, there was a significant increase in the ability to write procedural texts compared to previous knowledge that did not use this strategy. The research recommends that teachers try these learning steps and improve them continuously to make the steps better.
Abstrak
Artikel ini mendesripsikan penerapan langkah Jutaan Lampu yang merupakan akronim dari judul, tujuan, alat dan bahan, langkah, serta kesimpulan. Jutaan Lampu merupakan langkah yang penulis ciptkana dengan mengobservasi karakteristik peserta didik dan pengalaman penulis sebelumnya. Langkah ini bertujuan untuk membantu siswa berlatih menulis teks prosedur lebih mudah. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian campuran (mix methods) pola sequential explanatory. Penelitian dilakukan pada pembelajaran daring pandemi Covid-19 tahun 2020-2021 di kelas VII-7 dan VII-8 MTs Negeri 5 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama siswa merasa pembelajaran lebih mudah, kedua terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran daring; dan ketiga terjadi peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks prosedur dibanding dengan pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan strategi tersebut. Penelitia merokemndasikan para guru untuk mencoba langkah pembelajaran tersebut dan memperbaikinya terus-menerus agar lebih baik.
Downloads
References
Arifin, M. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Bilfaqih, Y. (2015). Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Darusman, Y. (2018). Pembelajaran Mnemonik. Bandung: CV Buku Langka Indonesia.
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamion, D. A. (2023). IMPLEMENTASI METODE SCORONA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTS MUHAMMADIYAH JAYAPURA. Andragogi : Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan.
Ginting, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Gunawan. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks prosedur Menggunakan Model Project Based Learning dengan Media Video Pada Siswa Kelas X-2 SMA Taruna Nusantara Magelang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Istiqomah. (2020). Taktis Menulis Best Practice Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru.
Kemendikbud. (2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih. (2017). Bahasa Indonesia: buku guru SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Jakarta: CV Sarnu Untung.
Pangondian, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 57.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.
Ramayulis. (2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Semi, M. A. (2017). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sianti, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan dalam Bentuk Karangan Deskripsi Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Palopo Melalui Penerapan Strategi Neighborhood Walk. Jurnal Pendidikan, Pengajaran.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifudin, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31-33.
Tarigan, H. G. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umiyatun. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Teks Prosedur dengan Metode Demonstrasi melalui Media Benda Realia pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. 4 (1), 90-103.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.