PENGGUNAAN “LEMKERTAS” DAN YOUTUBE PADA PEMBELAJAR MATEMATIKA JARAK JAUH

Authors

  • Iwan Setiadi MA Al Wathoniyah 43 Jakarta Utara

DOI:

https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.105

Keywords:

active learning mathematics, lemkertas, YouTube, crossword

Abstract

Abstract

One of the problems with distance learning is the lack of student participation. Teachers must innovate teaching to overcome this participation. This study aims to determine the impact of using LEMKERTAS with the help of YouTube shows on increasing learning activity in math. This study uses a mix method with an explanatory sequential design. The research subjects were 22 students of class XI at MA AL Wathoniyah 43, North Jakarta in the odd semester of 2021/2022. Research instruments in the form of questionnaires, observation sheets, and interviews. The results showed that the use of LEMKERTAS with the help of YouTube shows had an impact on increasing the activeness of learning Mathematics. Students become more active in asking, answering, arguing, discussing, and doing group assignments. Researchers recommend this method to be applied in other subjects.

 

Abstrak

Salah satu masalah pada pembelajaran jarak jauh adalah minimnya partisifasi belajar siswa. Untuk mengatasinya guru harus melakukan inovasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak penggunaan LEMKERTAS dengan bantuan tayangan YouTube terhadap peningkatan keaktifan belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan mix methode dengan rancangan explainatory sequential design. Subjek penelitian sejumlah 22 siswa kelas XI di MA AL Wathoniyah 43 Jakarta Utara pada semester ganjil tahun 2021/2022. Instrumen penelitian berupa angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LEMKERTAS dengan bantuan tayangan YouTube berdampak pada peningkatan keaktifan belajar Matematika. Siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya, menjawab, berargumentasi, dan berdiskusi dan mengerjakan tugas kelompok. Peneliti merekmendasikan matode ini untuk diterapkan di mata pejaran lainnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afianti, N. W., Sulastry, T., & Alimin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMAN 1 Bontomarannu. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 544–551. https://doi.org/10.26858/jnp.v5i2.4869.

Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE MATERI PYTHAGORAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 87–90. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.87-90.

Muhtarom, Nizaruddin, & Sugiyanti. (2016). Pengembangan Permainan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. PYTHAGORAS, 5(April), 20–31. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.235.

Puspitasari, C., & Widiyanto, J. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Menggunakan Media Teka-Teki Silang dengan Model Pembelajaran Talking Stick Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 1 Kartoharjo. Jurnal Florea, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.25273/florea.v3i1.786.

Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.586.

Sasriya, T., Dibia, I. K., & Kusmariyatni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasi Belajar. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 6(3), 1–9. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.514.

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135.

Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938.

Suwarno, M. (2017). Potensi YouTube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989.

Wardhana, W. S. (2020). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Secara Mandiri di Era Literasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1), 424–431.

Wijayanti, A. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN YOUTUBE DENGAN MODEL PEER TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 41–57. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20228.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

PENGGUNAAN “LEMKERTAS” DAN YOUTUBE PADA PEMBELAJAR MATEMATIKA JARAK JAUH. (2022). Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 100-110. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.105

Similar Articles

41-47 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.