PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU DENGAN METODE SYNCRONOUS DAN ASYNCRONOUS
DOI:
https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.129Keywords:
artikel ilmiah, synchronous, asynchronousAbstract
Abstract
This study aims to determine the increase in teacher knowledge and skills in writing scientific articles through training and mentoring activities. This research is a type of participatory action research with the steps of activities ranging from diagnostics, action plans, action tacking, evaluation and reflection. This activity involved 20 teachers of Christian religious education which was carried out remotely using synchronous and asynchronous methods. This activity will be held on 4 – 20 February 2022. The required data collection is carried out through theoretical studies, interviews, observation and document assessment. The data collected will be analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The results showed that the training and mentoring carried out with synchronous and asynchronous methods was able to improve the knowledge and skills of the participants in writing scientific articles.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam penulisan artikel ilmiah melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian partisipatory action research dengan langkah-langkah kegiatan mulai dari diagnostic, action plan, action tacking, evaluasi dan refleksi. Kegiatan ini melibatkan 20 orang guru pendidikan agama Kristen yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan metode synchronous dan asynchronous. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 20 Februari 2022. Pengumpulan data yang dibutuhkan dilakukan melalui kajian teori, wawancara, observasi dan penilaian dokumen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan dengan metode synchronous dan asynchronous mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam penulisan artikel ilmiah.
Downloads
References
Astari, P. (2022). Evaluasi Pembelajaran.
Azriansyah, Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Hambatan Guru Dalam Pelaksanaan Gerakan Analysis the Teachers ’ Obstacles in Implementing School Literacy Movement ( Gls ) in Sdn 32 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4).
Brotowidjoyo, M. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Akademika Pressindo.
Dunggio, M. (2013). Semangat Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 523–533.
Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.
Ghufron, M., & Risnawati, N. R. (2014). Teori - Teori Psikologi. ArRuzz Media.
Herianto, A., Ali, I., Arif, A., & Khosiah, K. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Mts Dan Mi Darul Masakin Desa Bilelando Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922
Lewis, J., & Clarke, A. (2009). Synchronous Learning and Web-Based Communication With Adobe Acrobat. Multimedia Information & Technology, 35(4).
Mahpudz, A., Jamaludin, Palimbong, A., & Martini, N. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Di Masa Pandemi Covid 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1–8. https://doi.org/:https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4925
Narayana, I. W. G. (2016). Analisis terhadap hasil penggunaan metode pembelajaran synchronous dan asynchronous. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 4(1), 139–144.
Ngabiyanto, N., Saputro, I. H., Pramono, Di., & Lestar, E. Y. (2021). Pelatihan Optimalisasi Model Pembelajaran Student Centered Learning melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Implementasi, 1(1), 16–21.
Nopriyeni, Prasetyo, Z. K., & Djukr. (2019). The implementation of mentoring based learning to improve pedagogical knowledge of prospective teachers. International Journal of Instruction, 12(3). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12332a
Rindarti, E. (2021). Pendampingan Daring Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di Masa Pandemi Covid-19. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 121–133. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i2.106
Rumahuru, Y. Z., Siahaya, A., Talupun, J. S., & Talimbung, V. (2021). Pengembangan Karier Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. 5(6), 5–12.
Sari, N., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 0–14.
Smith, R., & Lynch, D. (2014). Coaching and Mentoring: A review of literature as it relates to teacher professional development. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 1(4).
Statistik, B. P. (2014). Using Team-Based learning in an Online, Asynchronous Information Literacy Course. Katalog BPS, XXXIII(2).
Suyitno. (2018). Metodologi penelitian tindakan kelas, eksperimen, dan R & D. Alfabeta.
Udil, P. A. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas untuk publikasi pada jurnal iIlmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14. (2005). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.